Nomination “Student of The Year UPH Awards V”

This is an award for outstanding student of Universitas Pelita Harapan which conducted in 2011. A story began when I just tried to apply and send my CV with abstract paper to the Committee. After that, I was called and interviewed by three judges panel from UPH Lecturer and Staff. It was an honor for me to know that I was chosen as one of 3 nominations for category Student of The Year UPH Awards V. It’s all not by my strength, it’s all by God’s grace! Even though I was not selected as “the one”, Student of The Year, but it was life-changing experiences for me. This is the abstract paper I made for Student of The Year UPH Awards V which is taken from my undergrad thesis.

uph awards

ABSTRAK

Steven (41420070023)

IMPLEMENTASI STRATEGI SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI

 

 (xii+29 halaman: 1 gambar; 5 tabel; 11 lampiran)

Siswa sering menganggap pelajaran Ekonomi sebagai sekedar kegiatan menghafal, bukan suatu kegiatan berpikir kreatif dalam mencari solusi untuk menghadapi permasalahan ekonomi di dunia. Hal ini adalah masalah peneliti menemukan ketika peneliti mengajar siswa kelas XI di sebuah sekolah Kristen swasta di Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak strategi simulasi dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas XI Ekonomi. Oleh karena itu, sebagai seorang guru Ekonomi, peneliti ingin mengubah paradigma mengajar Ekonomi dari pelajaran ‘menghafal’ melalui pengembangan strategi pengajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memberikan solusi yang bijaksana untuk masalah ekonomi Indonesia.

            Pendekatan tradisional melihat pengetahuan sebagai sebuah koleksi terorganisir dari fakta, konsep, dan teori-teori yang mendorong siswa untuk mengingat pengetahuan. Salah satu contoh metode pengajaran tradisional ceramah guru. (Van Brummelen, 2002, hal.26). Sedangkan pendekatan konstruktivis melibatkan siswa untuk menggunakan ide-ide mereka dalam mengeksplorasi realita,jawaban, dan nilai-nilai mereka sendiri (Van Brummelen, 2002, hal.31). Strategi ini disebut strategi simulasi. “Simulasi merupakan latihan dimana siswa ditempatkan dalam situasi yang merupakan tiruan kehidupan nyata.” (Burden & Byrd, 2010, hal 157). Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk berpikir tentang sesuatu yang baru dan tidak biasa dan menghasilkan solusi yang memiliki keunikan dan originalitas terhadap suatu masalah (Santrock, 2009, hal.325).

            Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (CAR) terdiri dari dua siklus. Peneliti melakukan penelitian di sekolah swasta di Jambi, pada kelas XI Program Sosial selama praktikum ketiga. Kelas ini terdiri dari 20 siswa yang terdiri dari 12 perempuan dan 8 laki-laki. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat instrumen dalam penelitian ini seperti umpan balik mentor, lembar observasi mentor, kuesioner siswa, dan jurnal refleksi peneliti.

Hasil penelitian siklus pertama menunjukkan bahwa simulasi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa karena simulasi meningkatkan kelancaran siswa dalam memberikan banyak ide; fleksibilitas dalam menganalisis ide-ide secara terbuka; orisinalitas dalam menghasilkan ide-ide unik, dan elaborasi dalam memberikan contoh-contoh dan rincian ide-ide dalam pelajaran Ekonomi. Namun, siswa tampaknya memiliki masalah dalam fleksibilitas mereka dalam menganalisis ide siswa lain karena mereka tidak mau mendengarkan dan membandingkan ide siswa lain. Peneliti berencana untuk menetapkan prosedur yang lebih tegas sehingga setiap orang harus mendengarkan siswa lain yang sedang menyampaikan ide mereka. Peneliti juga berencana untuk melatih siswa untuk belajar menjadi fleksibel untuk memberikan komentar ide-ide teman-teman mereka dan membuat kesimpulan yang fleksibel dari perspektif yang berbeda. Selain itu, peneliti berencana untuk mendorong siswa untuk memberikan yang lebih banyak ide yang unik dengan rincian dan contoh dengan cara yang unik untuk meningkatkan kelancaran, orisinalitas, dan elaborasi siswa. Hasil siklus dua menunjukan simulasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa karena simulasi meningkatkan kelancaran mereka dalam memberikan banyak ide; fleksibilitas dalam menganalisis ide-ide secara terbuka; orisinalitas dalam menghasilkan ide-ide unik, dan elaborasi dalam memberikan contoh-contoh dan rincian ide-ide dalam pelajaran Ekonomi. Kemudian, peneliti menyadari bahwa prosedur yang tegas yang diterapkan pada siklus dua ini mendorong siswa untuk melakukan simulasi dengan memberikan pemikiran kreatif yang lebih beragam, lebih analitis, lebih orisinil, dan lebih detil sesuai dengan indikator berpikir kreatif Munandar.

Sebagai kesimpulan, simulasi dalam penelitian ini bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas XI dalam pelajaran Ekonomi.

Kata kunci        : simulasi, berpikir kreatif

Daftar Pustaka : 43 (1992-2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s