Berbagi Cerita & Inspirasi di Komunitas Belajar Online

Berikut adalah beberapa highlight dari Bandung Open Education Day 2017 yang diselenggarakan oleh Co-Learning Space, komunitas belajar online pada  hari Minggu, 20 Agustus 2017 di Ruang Serba Guna, Balai Kota Bandung.

Apa itu Co-Learning Space?

Co-Learning Space adalah komunitas yang menyediakan wadah untuk belajar bersama berbagai open learning space yang didirikan sekelompok anak muda yang ingin terus belajar. Mereka mengadakan Bandung Open Education Day 2017 untuk menginspirasi peserta untuk ambil bagian belajar online.

Berikut adalah beberapa cerita dan inspirasi dari event tersebut:

Belajar Online: Langkah Besar yang Mengubah Hidup Saya

Di sesi pertama, saya membagikan pengalaman pribadi belajar online dengan Coursera. Hal ini dimulai dengan beberapa langkah besar yang saya lakukan:

IMG_7750

1. Punya Minat & Mimpi Belajar

Untuk memulai online course, kita perlu memiliki minat dan mimpi yang belajar yang besar di universitas-universitas terbaik dari seluruh dunia. Belajar Online- Langkah Besar yang Mengubah Hidup Saya

2. Daftar Kursus Online

Untuk memulai kursus, anda dapat memilih berbagai platform online populer seperti:

Coursera, EdX, Udemy

Untuk konten lokal, anda dapat mengikuti : IndonesiaX. Cara ikutan coursenya pun sangat muda. Mulai dengan memilih kursus yang relevan dan membaca deskripsi, profil dosen, kapan waktu kursus tersebut, dan topik yang akan dibahas dalam kursus tersebut.

Belajar Online- Langkah Besar yang Mengubah Hidup Saya3. Konsisten Mengikuti Kursus

Menurut saya ini bagian paling sulit dalam mengikuti kursus Coursera. Mulai dari setia nonton video kuliah, mengerjakan kuis dan tugas, dan berpartisipasi dalam forum. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana kita bisa tetap konsisten menyelesaikan semua tugas mingguan yang ada di Coursera dengan beragam cara yang unik mulai dari download video di handphone, menggunakan time reminder, dkk.

Belajar Online- Langkah Besar yang Mengubah Hidup Saya (1)
4. Berjejaring dengan sesama pelajar online

Bagi saya, belajar online tetap membutuhkan sentuhan manusia dimana kita dapat belajar, berbagi pengalaman belajar online. Hal inilah yang menjadi pencetus terciptanya IDCourserians yang berhasil sukses mengumpulkan pelajar Coursera untuk bertemu dan berbagi pengalaman belajar online.

Belajar Online- Langkah Besar yang Mengubah Hidup Saya (2)
Manfaat Belajar Online

Memang banyak sekali manfaat yang didapat dari belajar online, salah satu yang paling favorit adalah Sertifikat. Berikut adalah contoh sertifikat yang saya dapat dari berbagai kursus online. Disinilah saya menemukan passion saya di bidang teknologi pendidikan:

Belajar Online- Langkah Besar yang Mengubah Hidup Saya (5)

Tapi saya percaya satu hal: Bukan berapa banyak sertifikat yang sudah anda peroleh, tetapi bagaimana anda menggunakan sertifikat itu mengubah hidup anda.

Sertifikat Coursera berhasil  memperlengkapi saya untuk memulai blog teknologi pendidikan, memulai komunitas Google Educator Group, dan terus menjadikan belajar sebagai gaya hidup awet muda seperti yang disampaikan Henry Ford di bawah ini.

Belajar Online- Langkah Besar yang Mengubah Hidup Saya (8)

Sesi Online Learning

Setelah sesi saya, acara dilanjutkan dengan sesi Tim Meja Kita, Universitas Terbuka, dan EdTech Indonesia yang menginspirasi peserta untuk menggunakan kesempatan belajar dan berbagi dengan menggunakan teknologi.

 

Unconference Session

Di sesi ini, peserta mendaftarkan sesi diskusi yang ingin mereka dipimpin dan peserta dapat dengan bebas bergabung dalam sesi diskusi ini. Diskusi spontan ini menjadi bagian yang paling menarik dari sesi ini dimana peserta dengan berbagai macam later belakang mulai dari SMA, Mahasiswa, Profesional, bahkan CEO dapat memimpin sesi.

Berikut adalah beberapa contoh topik diskusi yang secara spontan dipimpin oleh beberapa peserta:

Mengatasi Drop Out Belajar Online

WhatsApp Image 2017-08-20 at 4.45.41 PM

Belajar Online Mengelola Keuangan dengan Finasialku
WhatsApp Image 2017-08-20 at 4.45.47 PM
Penggunaan Teknologi untuk Belajar Online
WhatsApp Image 2017-08-20 at 4.45.42 PM

Sesi pun ditutup dengan penyampaian hasil diskusi dari masing-masing pemimpin diskusi dan foto bersama peserta dan panitia.

Salut dengan semangat panitia dan peserta dari Co-Learning Space yang sangat menginspirasi berbagai pihak untuk belajar, berbagi, dan berkreasi dengan sumber belajar online!

IMG_7904

Leave a Reply

