Berani Berubah dengan Aplikasi Google

Berani Berubah

Screen Shot 2017-06-19 at 6.50.51 AM

Keberanian mentransformasi organisasi anda dapat dimulai dengan menggunakan fitur dari teknologi yang ada di sekitar kita seperti Aplikasi Google.

Memang banyak orang sudah sering menggunakan aplikasi-aplikasi Google, sayangnya banyak pula orang yang tidak menyadari fitur-fitur yang terdapat di aplikasi ini yang dapat mengubah cara anda belajar, berbagi dan bekerja.

Adapun tujuan dari pelatihan ini tidak sekedar belajar Aplikasi Google tetapi bagaimana cara menggunakan Aplikasi Google tersebut dengan kreatif untuk memulai perubahan dalam organisasi anda. Berikut adalah beberapa aplikasi Google yang dibahas dalam pelatihan ini.

product-logos-350x215

Tujuan Pelatihan

Screen Shot 2017-06-19 at 6.51.00 AM

Hal inilah yang melatarbelakangi  pihak manajemen, pendidik dan staff Lazuardi Jakarta untuk mengikuti “Pelatihan Sertifikasi Google untuk Pendidik” dimana setelah pelatihan ini, pendidik mendapatkan keahlian abad 21 di bawah ini:

  1. Memahami makna pentingnya teknologi dalam pembelajaran
  2. Mengakses materi belajar Google for Education Training Center
  3. Mengelola folder dan menyimpan file di Google Drive agar dapat mengakses data dimana saja dan kapan saja.
  4. Berkolaborasi mendesain variasi dokumen seperti rencana pembelajaran, proposal, buku nilai, album foto, presentasi, angket dengan Google Docs, Sheets, Slides, dan Forms. 
  5. Membangun komunikasi efisien dengan Gmail, Group Contact, dan Hangout. 
  6. Mengelola aktivitas lebih efektif dengan Google Calendar
  7. Membangun sistem manajemen pembelajaran mencangkup penugasan dan penilaian efektif dengan Google Classroom
  8. Menampilkan portofolio engan Google Sites
  9. Melakukan riset efektif dengan Google Chrome & Google Search
  10. Menyimpan dan membagian video dengan YouTube

 

Bentuk Pelatihan 

Screen Shot 2017-06-19 at 6.50.33 AM

Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari dari pukul 08.00-15.00 dimana peserta secara intensif akan belajar mengeksplorasi aplikasi Google dengan metode sebagai berikut:

  • Dari Guru untuk Guru : Peserta bekerja sama dalam grup untuk saling membantu agar setiap guru mampu mengeksplorasi dan mengakses aplikasi Google. No Teacher Left Behind! 
  • Proyek Kelompok Kolaboratif : Peserta berkolaborasi dalam kelompok kecil menggunakan aplikasi-aplikasi Google untuk menyelesaikan tantangan dan proyek relevan dan kontekstual yang diberikan pelatih (coach).
  • Studi Kasus : Peserta mendiskusikan bagaimana aplikasi ini diterapkan dalam kegiatan sekolah seperti kepanitiaan, kegiatan belajar mengajar, dan aktivitas sehari-hari.
  • Tanya Jawab : Peserta mengajukan pertanyaan, usulan, dan ide praktis yang membantu mereka memahami tips dan triks implementasi aplikasi Google dalam konteks dan permasalahan yang dihadapi sehari-hari.
Dampak Pelatihan

19225757_10212263858127044_8299020917166350963_n

Pelatihan ini mengubahkan paradigma peserta tentang penggunaan aplikasi Google dalam membantu mereka belajar, berkarya, berbagi dengan efektif dan kreatif bersama guru, siswa dan staff.

Peserta juga belajar bagaimana aplikasi Google dapat membantu mereka dalam mengelola, mempresentasikan, serta membagikan beragam data dan porftolio aktivitas mereka.

Bahkan, beberapa peserta pun tertantang untuk mengambil sertifikasi Google untuk pendidik  untuk memvalidasi keahlian aplikasi Google mereka.

Sertifikasi Google untuk Pendidik

IMG_4081

Peserta juga memiliki kesempatan untuk mengikuti persiapan dan ujian sertifikasi Google untuk pendidik yang dapat memvalidasi keahliannya sebagai pendidik bersertifikasi Google.

  1. Persiapan Ujian : Persiapan ujian ini meliputi diskusi Unit Review dari materi Google for Education Training Center dan latihan ujian sertifikasi Google yang mempersiapkan peserta dengan pertanyaan yang mirip dengan Ujian Sertifikasi Google.
  2. Ujian Sertifikasi Google : Ujian ini belangsung selama 3 jam dengan pertanyaan studi kasus dan proyek praktis yang dapat mengukur kefasihan pendidik menggunakan aplikasi Google dalam pembelajaran.

Anda dapat menyimak persiapan & ujian Sertifikasi Google untuk Pendidik dalam postingan blog berikut:

https://edutechpost.wordpress.com/2017/04/08/how-to-become-a-google-certified-educator/

Apakah anda dan organisasi anda berani berubah? 

Silahkan hubungi Steven untuk keterangan lebih lanjut via email di steven.sutantro@gmail.com. Jadilah bagian dari transformasi digital di organisasi anda dengan aplikasi Google!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s