Aplikasi Online untuk Pembelajaran Transparan & Akuntabel

Untuk pertama kalinya, komunitas guru Google Educator Group West Jakarta di Sampoerna Academy bergabung dalam National Educator Conference 2017 yang diadakan Sampoerna University membagikan Aplikasi Online untuk Pembelajaran Transparan dan Akuntabel.
 Simak video rekapan kegiatan kami disini:
Dengan mengusung tema pendidikan yang transparan, akuntabel, dan partisipatif, kami belajar berbagai inspirasi dari kerja keras berbagai pihak baik dari pemerintah, masyarakat, komunitas, sekolah, dan universitas untuk memajukan kualitas pendidikan Indonesia.
18358764_10213151675566945_6768950637694704392_o
Photo Courtesy of Hatim Gazali

Teknologi untuk Pendidikan Trasnparan & Akuntabel

 

unnamed

Pendidikan transparan dan akuntabel adalah pendidikan yang memaksimalkan partisipasi dan interaksi guru, siswa, dan orang tua dan kami yakin teknologi dapat menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan hal tersebut. Hal inilah yang memotivasi kami untuk membagikan pengalaman kami menggunakan potensi teknologi yang kami gunakan untuk pembelajaran di Sampoerna Academy.
 
Berikut adalah hal-hal yang kami bagikan lewat booth yang ada di konferensi ini:

1. Grup Belajar: Google Certified Educator

 

FullSizeRender 79 (1)

Kami mengajak pendidik untuk mengakses portal online berisi sumber belajar materi sertifikasi Google yang dapat diakses gratis oleh peserta. Selain itu, kami juga memperkenalkan model pembelajaran Study Group yang dapat membantu peserta belajar bersama memperoleh sertifikasi Google untuk pendidik.

 

2. Augmented Reality

Beragam aplikasi gratis AR untuk pembelajaran sederhana dapat didownload untuk memperkenalkan konsep Augmented Reality bagi siswa dan guru di sekolah-sekolah. Mulai dari hewan hingga planet-planet dapat ditampilkan dengan menarik secara visual dengan teknologi ini.

 

Aplikasi Gratis untuk Pembelajaran

Dalam workshop ini, Google Educator Group melakukan simulasi kelas transparan dan akuntabel dimana peserta berperan sebagai siswa yang menggunakan aplikasi gratis untuk pembelajaran.
Berikut adalah beberapa aplikasi yang kami bahas dalam seminar:
WhatsApp Image 2017-05-06 at 5.38.22 PM

Kahoot!

Aplikasi ini mengubah cara guru melakukan kuis interaktif yang tentu saja akan memaksimalkan partisipasi peserta. Selain itu, analisis otomatis setiap soal benar-benar membantu guru mengevaluasi efektivitas soal-soal kuis sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

WhatsApp Image 2017-05-06 at 5.38.21 PM
FullSizeRender 67 (1)

Google Classroom

Aplikasi ini memudahkan peserta membagikan pengumuman, sumber pembelajaran, penugasan, dan pertanyaan interaktif yang transparan, akuntabel dimana siswa, guru, dan orang tua dapat mengakses kelas yang didapatkan siswa. Fitur ini menjadikan Google Classroom, Learning Management System yang mudah digunakan oleh siapa saja karena integrasinya dengan Google & Gmail.

FullSizeRender 49 (1)

FullSizeRender 62

Class Dojo

Aplikasi seru ini membantu guru memantau pertumbuhan dan perkembangan perilaku siswa sehari-hari dengan sistem poin individu. Selain itu, fitur absensi, timer, dan stories benar-benar memaksimalkan transparansi dan akuntabilitas penilaian perkembangan siswa kepada orang tua.

FullSizeRender 53 (1)

Kesenjangan Akses Teknologi

Ada satu pertanyaan dari peserta guru yang bertanya:
“Jangankan akses teknologi dan internet,  akses listrik dan fasilitas pendidikan pun  masih sangat sulit diperoleh guru dan murid di sekolah kami. Lalu  bagaimana saya dapat menerapkan materi dari workshop ini di sekolahnya kami?
FullSizeRender 45
Hal ini benar-benar mengingatkan kami bahwa kita perlu berkolaborasi bersama-sama untuk membantu mengkatalisasi literasi teknologi di berbagai daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Literasi Teknologi

Masih banyak dari pendidik yang berpikir bahwa teknologi adalah gangguan, namun lewat workshop ini, kami berharap lewat workshop ini, pendidik mendapatkan inspirasi bagaimana  teknologi dapat digunakan  untuk membantu guru dan siswa menyelenggarakan pembelajaran yang transparan dan akuntabel.

FullSizeRender 84

Berani Berubah

 Akhir kata, tentu saja masih PR untuk bangsa Indonesia ini untuk membehani transparansi dan akuntabilitas pendidikan, namun kemauan guru untuk belajar, berkarya, dan berbagi tentu saja akan menciptakan perubahan mulai dari pembelajaran yang terjadi di kelas kita dengan bantuan teknologi.
as2
Jika Bapak/Ibu punya pertanyaan lebih lanjut tentang bagaimana mengaplikasikan berbagai macam teknologi dan aplikasi online di kelas untuk membuat pembelajaran di kelas anda menjadi lebih transparan dan akuntabel, silahkan bisa hubungi kami di:
Steven                        – steven.sutantro@gmail.com
Pauline                      –  paulinean6@gmail.com
Ahmad Apriyanto  –  ahmad.apriyannto@gmail.com
Sally Makmun         – sallymakmun@gmail.com
Jangan lupa bergabung di komunitas Google Educator Group Jakarta Barat disini :
Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Panitia National Educators Conference 2017  yang sudah berkolaborasi bersama kami mengadakan workshop yang berhasil menginspirasi  pendidik untuk saling belajar, berkarya, dan berbagi!
Photo Courtesy of Deasi Saragih, Ahmad Apriyanto, Suparman, Pauline Ang, Agus.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s