Belajar & Berbagi Aplikasi Favorit Guru

“Semangat belajar menunjukkan “semangat MUDA” berapapun usia anda.

Perkembangan Gadget di abad 21 ini sangatlah pesat. Aplikasi baru terus bermunculan. Namun, apakah banyak guru yang tahu bahwa banyak aplikasi yang bermanfaat untuk memaksimalkan pembelajaran di kelas?

Beranjak dari pemikiran inilah, saya, dan rekan pendidik Pak Gusman, Pak Marcello, dan Pak Firly berkolaborasi dengan Taruna Bersama & SD se Cengkareng, kami mendesain PELATIHAN “Aplikasi Favorit Guru” untuk menginspirasi guru-guru untuk menggunakan Aplikasi Online yang bermanfaat untuk pembelajaran di kelas.

Bertempat di Hotel Amarsya Puncak, Bogor,  guru-guru belajar beragam Aplikasi Handphone yang dapat didownload gratis untuk pembelajaran di kelas.

Anda bisa menyimak Video Dokumentasi Kegiatan yang dikumpulkan dari foto-foto dari panitia maupun peserta:

Berikut adalah salah satu aplikasi yang kami bahas dalam sesi :

Kuis Interaktif Kahoot!

Berlatih soal-soal dengan Gadget? Rasakan serunya mengikuti ulangan dengan Kahoot!

Interaktif. Membuat kuis tidak pernah semudah dan seasyik Kahoot! Tidak percaya? Coba saja aplikasi ini dan rasakan interaksi yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.

Berbasis Gadget. Hanya berbekal gadget, laptop dan LCD, anda bisa melibatkan seluruh peserta untuk belajar dan bermain dengan soal-soal anda.

Bank Soal. Anda dapat menyimpan soal-soal anda dengan mudah atau bahkan mencari kuis yang telah dibuat guru dari seluruh dunia sehingga anda tidak perlu membuat dari awal.

Analisis Soal & Jawaban. Anda juga dapat menerima hasil analisis kuis langsung yang sangat detil tentang bagaimana siswa anda menjawab kuis anda.

Dan masih banyak aplikasi yang kami bahas dalam sesi seminar disini! Lewat pembahasan, tutorial, presentasi, bahkan diskusi, kami mengajak peserta untuk terus mengeksplorasi Aplikasi Favorit yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.

DEMO APLIKASI

Bersama peserta, kami langsung melakukan demo aplikasi seru dengan gadget mereka masing-masing. Semua guru nampak sibu memegang gadget mereka untuk aktif terlibat dalam menggunakan aplikasi yang ada di handphone mereka.

MENTORING 1:1

Setelah itu ada sesi dimana kami juga membantu guru baik secara individu maupun grup untuk mengeksplorasi aplikasi-aplikasi yang kami bagikan dalam sesi workshop. Salut dengan semangat guru yang mau terus berani bertanya, belajar, dan berbagi bagi peserta lain!

PRESENTASI APLIKASI

Di kelas Pak Gusman & Pak Marcello, kami membentuk kelompok untuk memberikan kesempatan pada peserta mempresentasikan penggunaan aplikasi-aplikasi favorit mereka dari gadget. Salut dengan semangat guru-guru untuk menceritakan manfaat aplikasi-aplikasi ini untuk kelas mereka.

Simak salah satu video yang guru yang mempresentasikan salah satu aplikasi disini

BELAJAR, BERMAIN & BEROLAHRAGA

Setelah sesi workshop bersama aplikasi-aplikasi seru untuk pembelajaran, kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan tracking pada hari ke 2 yang memacu peserta untuk berolahraga dan berekreasi.

Terima kasih untuk panitia yang berhasil membuat peserta guru belajar, bermain, dan berolahraga !

INSTAGRAM COMPETITION #AplikasiFavoritGuru

Sejak awal kami menantang peserta untuk menggunakan media sosial untuk membagikan hal-hal positif yang mereka alami di kegiatan ini. Disini peserta belajar menggunakan INSTAGRAM untuk mengupload foto-foto mereka selama kegiatan ini.

Screen Shot 2017-04-15 at 4.32.45 PM

Kegiatan pun ditutup dengan Pengumuman Pemenang Lomba Foto Instagram dengan Hashtag #AplikasiFavorit Guru yang menginspirasi peserta untuk menggunakan media sosial berbagi hal-hal positif yang mereka alami di kelas. Foto ini pun dipilih panitia sebagai pemenang dari lomba kompetisi Instagram:

Aplikasi Favorit Guru Taruna Group Workshop

Screen Shot 2017-04-15 at 6.47.59 PMLewat aktivitas ini, peserta yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini pun dapat tertular semangat dan antusiasme dari kegiatan ini. Semoga guru dapat terus belajar menggunakan media sosial yang menginspirasi guru lain untuk terus belajar dan berkarya!

Saatnya Praktek di Kelas!

Beberapa hari setelah kegiatan ini, lewat Hashtag #AplikasiFavoritGuru inilah, saya terkesan dengan salah satu peserta yang mengupload implementasi materi Kahoot! bersama murid di sekolahnya. Anda dapat melihat video yang ia upload di Instagram disini.

Terima kasih Pak Ari yang sudah membagikan praktek nyata dari materi yang dibagikan dalam sesi pelatihan “Aplikasi Favorit Guru”

Screen Shot 2017-04-15 at 4.53.11 PMSaya berharap ke depan semakin banyak seminar dan pelatihan guru yang dengan kreatif mengajarkan hal-hal yang relevan dan praktis untuk memaksimalkan proses belajar mengajar di kelas.

Saya mau akhiri post saya ini dengan kutipan yang saya ambil dari instagram saya:

“The Excitement of Learning Separates Youth from Old Age.” Rosalyn S.Yalow

“Semangat belajar menunjukkan “semangat MUDA” berapapun usia anda.” Saya berharap guru-guru yang mengikuti acara ini tetap menunjukkan semangat muda mereka dengan terus belajar! 

Screen Shot 2017-04-16 at 5.56.53 PM

Saya optimis kegiatan ini menjadi awal dimana pendidik dapat berkolaborasi memajukan kualitas pengembangan guru di Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s