Refleksi 2016 : Baca, Belajar, Berbagi, Berpisah

Baca, Belajar, Berbagi, dan Berpisah menjadi momen di tahun 2016 yang momen menantang zona nyaman saya sebagai guru sekolah.

1. Baca

Mulai tahun 2016 ini, saya mencoba berkomitmen untuk membaca buku-buku di bidang pendidikan, teknologi, bisnis, dan ilmu sosial.

Berikut adalah beberapa buku yang saya baca dan rekomendasikan:

books-3

Mau coba eksplorasi beberapa review buku-buku ini? Bisa cek disini:

https://edutechpost.wordpress.com/2016/02/07/journey-to-creative-schools-with-teacherpreneurs-the-smartest-kids-in-the-world/

https://edutechpost.wordpress.com/2016/03/25/strangers-originality-last-lecture-a-book-review/

Book Club

Oh ya, gara-gara resolusi tahun ini adalah membaca, saya juga bergabung di Book Club yang didirikan Donovan Aditya Yahya. Book Club ini sukses menjaga motivasi saya untuk terus membaca buku-buku tentang Business, Leadership, dan Personal Development. Lebih dari sekedar bahas buku, tapi kami juga mendiskusikan langkah praktis menerapkan isi buku tersebut.   Recommended banget buat join deh!

img_7906

2. Belajar

Banyak hal baru dan seru yang saya pelajari di tahun 2016 ini.Sejak jadi guru ICT, saya banyak belajar berbagai platform ICT seru yang bisa dibawa ke sekolah:

Minecraft

Tak disangka game yang selama ini ‘ditekunkan’ siswa saya bisa digunakan untuk mengaplikasikan pengetahuan sosial dalam menggambarkan berbagai bentuk permukaan bumi. Hal inilah yang mendorong kami untuk mempelajari Minecraft dari Mr.Craig Hansen yang dengan sukses melatih kami menggunakan Minecraft di kelas.

img_7467-1

Google CS First 

Simak cara menerapkan Google CS First di sekolah disini : Google CS First at School 

This slideshow requires JavaScript.

Google Maps

Berikut pengalaman saya menerapkan berbagai aplikasi seru di Google Maps. Serunya belajar bersama Google Maps

This slideshow requires JavaScript.

Pixton

Bagaimana mengaplikasikan komik dalam pelajaran, cek saja di pos saya tentang mengintegrasikan aplikasi PIXTON dalam pelajaran.

Pixton : Comic Based Learning

This slideshow requires JavaScript.

WikiEdu Indonesia

Banyak belajar dari spirit orang-orang yang antusias membangun pendidikan Indonesia lewat membangun sebuah platform yang dapat membantu kita mengeksplorasi berbagai istilah sulit dalam pendidikan di WikiEdu Indonesia. Baca lengkapnya disini

asa3232

Pusat Pengembangan Guru di Jakarta

Mengunjungi Pusat Pengembangan Guru menjadi salah satu inspirasi saya berpartisipasi dalam meningkatkan pengembangan pendidikan Indonesia. Berikut cerita lengkapnya !

TEDx

Ada beberapa kegiatan TEDx yang saya ikuti tahun ini. Mulai dari TEDxJIS, TEDx Jakarta, TEDxYouth SPH, dan TEDx Youth Lazuardi yang tentunya sangat menginspirasi. Berikut ringkasan dan video kegiatan :

TEDxJakarta 

TEDxJakarta ini benar-benar salah satu TEDx yang mengajarkan saya banyak hal tentang ‘kekacauan’ yang terjadi di sekitar kita. Baca ringkasannya disini : TEDxJakarta – Haphazard Di bawah ini adalah pembicara TEDx 2016 favorit saya yang sukses membuat saya terharu dan terinspirasi tentang kekayaan Indonesia yang perlu dilestarikan!

TEDxJIS

TEDxJIS benar-benar salah satu TEDx yang sukses membuat saya ‘tercharge’ dengan intelektual dan inspirasi.  Ikuti TEDx JIS di bulan Februari 2017 disini

TEDx Youth SPH

TEDxYouth SPH dengan tema Catalyst for Change sukses menginspirasi saya mengambil bagian dalam perubahan. Berikut adalah video dari pembicara yang sukses mengkatalisasi perubahan:

TEDxYouth Lazuardi

Mengusung tema 21st Century Learning, TEDx ini berhasil mengubahkan perspektif saya tentang pembelajaran abad 21 yang lebih dari sekedar teknologi. Simak videonya disini:

3. Berbagi

Pelatihan Siswa di GBI DM

Untuk pertama kalinya, saya mengadakan pelatihan teknologi Google Suites for Education untuk remaja dan pemuda GBI DM. Pengalaman ini menjadi tak terlupakan karena meski berbekal hanya Google Arts & Culture, Kahoot, Animal 4D kita bisa mengeksplorasi berbagai macam teknologi yang bermanfaat bagi pembelajaran.

This slideshow requires JavaScript.

Pelatihan Guru

Tahun ini juga saya banyak belajar dari berbagi dengan guru di berbagai kesempatan seperti :

  • Virtual Learning Workshop di GEG West Jakarta
  • SMA Cahaya Madani Banten
  • Chromebook Training for Trainers
  • Graphology for Education
  • GEG Bandung
  • Class Dojo & Kahoot Training for Sampoerna Academy
  • Google Classroom for Sampoerna University
  • Study Group for Google Certified Educator Level 1
  • IniBudi
  • Teacher Writing Camp
  • This slideshow requires JavaScript.

TED Ed Club Station

Project TED Ed ini menjadi salah satu hal terunik yang pernah saya lakukan bersama guru-guru keren yang di Jakarta dengan mendirikan booth yang membagikan informasi tentang sumber belajar guru yang benar-benar menginspirasi! Baca pengalaman ini disini

This slideshow requires JavaScript.

GESS Indonesia 

Ini pengalaman pertama saya berkolaborasi dengan GEG mendirikan booth dan mengadakan seminar teknologi dalam pembelajaran di JCC Senayan. Simak ringkasan pengalaman seru berbagi berbagai aplikasi teknologi di GESS Indonesia disini

This slideshow requires JavaScript.

Top Leaders’ Summit in Google Asia Pacific

Tidak pernah menyangka GEG West Jakarta bisa memimpin PD Leaderboard tahun 2015 hingga akhirnya bisa diberi kesempatan berbagi “The Force Awakens” di Top Leaders Summit yang menjadi momen berbagi bersama pendidik lain se Asia Pacifik. Baca cerita lengkapnya disini

This slideshow requires JavaScript.

4. Berpisah

Screen Shot 2016-06-16 at 5.12.46 PM

Bagian perpisahan ini menjadi momen yang juga mengubahkan hidup saya untuk merefleksikan perjalanan 5 tahun saya di Sekolah Dian Harapan Daan Mogot. Banyak memori yang menginspirasi saya untuk semakin mencintai profesi saya sebagai guru. Terima kasih Sekolah Dian Harapan!

Terima kasih untuk siswa dan guru yang sudah mengajarkan saya makna terbesar menjadi pendidik. Anda bisa membaca lengkap kisah perpisahan saya  disini

Meskipun banyak perpisahan yang terjadi di tahun ini, saya berharap perpisahan ini tidak menjauhkan semangat kita untuk terus berkaya.

BACA :: BELAJAR :: BERBAGI :: BERPISAH

Terima kasih untuk Tuhan Yesus Kristus dan juga semua rekan-rekan saya yang sudah menjadi bagian dari perjalanan hidup saya di tahun 2016!

Saya berharap 2017 menjadi tahun dimana saya dapat bertumbuh menjadi pendidik yang semakin dewasa untuk melangkah keluar dari zona nyaman saya dan menjadi berkat buat banyak orang!

8 Comments Add yours

  1. Santya says:

    Berbagi ilmu itu keren, dan entah kenapa setiap pakai kalimat itu selalu Steven yang melintas.
    Berlebihan? Gak juga.. toh Aku senang mengajar menggunakan teknologi juga gegara diajarin Steven.

    Thx ya suhu, sukses selalu …

    1. Terima kasih Santya untuk kesannya. Saya berharap bisa menjadi berkat buat hidup Santya. Terus berkarya di tahun 2017!

  2. winnymarlina says:

    kegiatan di tahun 2016 bagus2 pak smeoga makin 2017 makin bagus ya pak

  3. Terimakasih Steven sudah membukakan mata Batin pikiran sy tentang luasnya makna ICT bersama Google. Kita akan bertemu lagi dengan komunitas ya sy tunggu

    1. Sama-sama Ibu Juli. Sampai ketemu lagi!

Leave a Reply

