Komunitas Seru di Pesta Pendidikan 2016

This slideshow requires JavaScript.

Rayakan Passion anda sebagai pendidik di Pesta Pendidikan ! Bagi saya Pesta Pendidikan adalah ajang para pendidik baik guru, orang-tua, siswa, bahkan masyarakat luas yang punya passion dan ide kreatif untuk dapat berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Acara yang berlangsung Minggu 29 Mei 2016 di FX Sudirman ini diawali dengan lari pagi bersama dan dilanjutkan berbagai macam talkshow dari orang-orang yang inspiratif dalam dunia pendidikan.  Atmosfer pendidikan juga terasa ketika anda memasuki salah satu arena eksibisi komunitas pendidikan di lantai 3.

Berikut adalah beberapa komunitas dan organisasi pendidikan yang berhasil saya eksplorasi dari Pesta Pendidikan.

  • ONE Indonesia adalah portal pendidikan dan pusat data nasional yang didirikan untuk memfasilitasi kerja sama dan koordinasi antara berbagai pihak yang berkepentingan yang bekerja sama untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Kami mengundang semua pihak terkait seperti pemerintah, organisasi non-profit, sektor swasta, sekolah & universitas, dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk bergandengan tangan berkarya untuk masa depan Indonesia.
  • Inibudiorg  adalah inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di Indonesia. Berikut adalah beberapa program IniBudi: Sahabat Inibudi adalah sebuah kelompok yang terdiri dari para sukarelawan yang ingin berkontribusi dalam produk dan kegiatan2 yang dilakukan oleh Inibudi. #Guruberbudi adalah salah satu bentuk program partisipasi bagi mereka yang ingin menjadi pengajar di video inibudi. #Dukungbelajar adalah program penyebaran materi video inibudi kesekolah-sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. #TemanBelajar adalah Inibudi percaya bahwa belajar bersama adalah aktifitas yang menyenangkan.
  • Youthmanual  merupakan referensi kuliah dan karier terlengkap dengan lebih dari 700 data profesi, 160 data jurusan, dan 500 kampus yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA dan sederajat se-Indonesia.College and career readiness platform paling komprehensif yang berisi berbagai modul self-assessment; pengenalan diri, kepribadian, minat, gaya belajar dan dapat memberikan rekomendasi terkait karier, jurusan, dan persiapan kuliah yang personalised bagi masing-masing siswa.

    This slideshow requires JavaScript.

  • Yayasan Pulih adalah lembaga nonprofit yang fokus pada pemulihan dari trauma dan penguatan psikososial bagi masyarakat yang mengalami kekerasan. Yayasan Pulih juga terlibat dalam isu pendidikan, terlebih dalam pembuatan pedoman antikekerasan dalam lingkup sekolah serta kesetaraan gender dalam lingkup sekolah. Pulih mengadakanroadshow ke sekolah-sekolah menengah atas bekerja sama dengan pihak universitas. Tema besar yang biasa dibawakan adalah kekerasan dalam pacaran serta kekerasan seksual dan cara penanganannya.
  • Pencerah Nusantara adalah mengenai menciptakan perubahan pola pikir dalam masyarakat. Meskipun berpusat pada upaya kesehatan, mengobati penyakit bukanlah tujuan kami. Dengan adanya para Pencerah Nusantara, di harapkan akan menjadi perubahan paradigma mengenai kesehatan. Menjaga kesehatan adalah upaya mencegah kesakitan yang dilakukan bersama, dan para Pencerah Nusantara lah yang akan memulai perubahan ini.
  • Heka Leka adalah Gerakan Maluku Cerdas membuka ruang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Maluku maupun masyarakat Indonesia yang terpanggil untuk sama-sama turun tangan membangun pendidikan di Maluku. Setiap kompetensi yang dimiliki oleh para relawan dan partisipan dituangkan dalam setiap program yang ditujukan untuk mendukung pembangunan kualitas dan mutu pendidikan di Maluku. Lima tahun bergerak, Heka Leka diberikan kesempatan untuk menjangkau beberapa pulau, puluhan sekolah, dan ribuan anak. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang terpanggil untuk mau terlibat langsung dalam Gerakan Maluku Cerdas.
  • Komunitas Kami Anak Bangsa (KKAB) adalah sebuah komunitas yang terdiri dari generasi-generasi penerus bangsa Indonesia yang memperjuangkan toleransi ke-bhinneka-an dan keragaman sebagai elemen membangun dan memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia KKAB bangga akan identitas “bhinneka tunggal ika” bangsa Indonesia dan memiliki tujuan bersama untuk menghargai segala kemajemukkan dan keragaman rakyat di Indonesia.
  •  Kampus Guru Cikal adalah wahana yang seru bagi calon guru dan guru menjadi pembelajar sejati yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Kampus Guru Cikal lahir dari pengalaman 15 tahun dalam menyiapkan dan mengembangkan kualitas guru di Sekolah Cikal. Pendidikan guru kami menggunakan modul yang telah teruji di lapangan dan disampaikan oleh guru yang telah melakukan praktik profesional guru.
    Dan masih banyak lagi komunitas dan organisasi pendidikan lain yang berkontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia yang dapat kamu lihat disini:  http://pestapendidikan.com/organisasi/

    This slideshow requires JavaScript.

    Saya pribadi menikmati kebersamaan komunitas pendidikan yang terjalin di setiap booth komunitas yang saling mendukung.  Ke depan saya berharap Pesta Pendidikan dapat terus diadakan lebih seru dengan melibatkan lebih banyak komunitas yang menginspirasi. Saya optimis Pesta Pendidikan dapat menyatukan berbagai inisiatif pendidikan yang menjadi contoh tindakan nyata bagi pendidikan di Indonesia.

    Kunjungi website Pesta Pendidikan disini untuk informasi lebih lanjut:  http://pestapendidikan.com/

    *Sumber Foto diambil dari kamera pribadi dan Facebook Page Pesta Pendidikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s