Inspirasi dari Pusat Pengembangan Kompetensi Guru dan Kejuruan JakBar

Ada yang pernah ikutan sesi Pusat Pengembangan Kompetensi Guru dan Kejuruan Jakarta Barat? Beberapa hari lalu, saya sedang melakukan riset tentang “The Center for Technology & School Change” (CTSC) di  Teachers College Columbia.  Saya berandai-andai jika Jakarta punya pusat pelatihan teknologi seperti yang dimiliki TC Columbia yang membantu mempercepat pengembangan kompetensi guru dalam menguasai teknologi dan mengkatalisasi perubahan sekolah.

Screen Shot 2016-04-29 at 7.48.57 PM

Tidak pernah disangka, saya mendapat undangan dari satu lembaga bernama serupa dengan lembaga impian saya:

Screen Shot 2016-04-29 at 7.49.20 PM

Dengan penuh rasa ingin tahu, saya mengikuti training 1 minggu bersama guru-guru SMA dari berbagai sekolah negeri dan swasta di Jakarta Barat. Tim LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) menjadi trainer pada sesi – sesi ini.

Berikut adalah beberapa inspirasi yang saya pelajari dari training tersebut:

  1. Manajemen Training : Saya terkagum dengan cara trainer menggunakan berbagai macam cara dan teknik belajar aktif untuk mendapatkan perhatian peserta dan membuat peserta tetap semangat. Mulai dari permainan mengingat nama, mengucapkan salam, membuat yel-yel, dan permainan senam pagi. Teknik simpel ini benar-benar efektif membuat kami belajar bahwa hal kecil dapat berdampak besar dalam pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.
  2. Growth Mindset Vs Fixed Mindset. Disini kami belajar dua pola berpikir. Coba refleksikan apakah kamu termasuk orang dengan Fixed / Growth Mindset?fixedgrowth-copy
  3. HOTs (Higher Order Thinking questions) Vs LOTs (Lower Order Thinking Questions) Guru-guru abad 21 ditantang untuk terus mengeksplorasi cara-cara membuat pertanyaan dengan tingkat berpikir yang tinggi dengan analisa, evaluasi, dan refleksi.Hots
  4. Struktur Kurikulum 2013 – REVISI: Dengan versi baru, kita lebih bebas memilih model pembelajaran yang tidak terpaku pada 5M belajar saintifik tapi juga: Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning. Di bawah ini, anda bisa membaca Contoh RPP dan Slide Kurikulum 2013  menggunakan pendekatan Discovery Learning approach untuk mengajarkan pembagian Iklim bersama tim ‘BERANI’Screen Shot 2016-04-29 at 9.52.21 PM
  5. Micro Teaching Geografi yang Bermakna : IMG_5904                                                       Pertama-tama, trainer menantang kita untuk mendesain pelajaran yang bermakna menggunakan presentasi yang menarik dan kontekstual. Langsung, saya berpikir untuk mendesain pembelajaran : “Integrasi Google Earth dalam Bab Penginderaan Jauh”.  Proses mikroteaching ini berlangsung interaktif dan seru seiring guru berinteraksi satu sama lain. Saya menunjukkan bagaimana Google Earth dapat membantu guru menjelaskan penginderaan jauh lebih kontekstual.  Anda dapat melihat slide saya di akhir list ini.
  6. Pop Up Session : Google Maps! IMG_5911Kagetnya, setelah melakukan microteaching, banyak guru meminta sesi tambahan untuk belajar penggunaan Google Maps & Earth selama makan siang.   Saya tidak tahu mengapa, tapi saya merasakan best feeling dimana saya dapat belajar dan berbagi dengan guru. Saya merasa “Ini salah satu alasan saya mengikuti training ini.” Langsung saja, saya mengajari dengan penuh semangat.  Saya juga menggunakan kesempatan ini untuk mengundang rekan-rekan pendidik bergabung  di Google Educator Group West Jakarta, komunitas pendidik yang belajar teknologi bersama.
  7.  Terakhir & Terbaik : Teman guru Geografi.  IMG_5913                                                                                        Salah satu bagian terbaik dari sesi training ini:  saya senang sekali mendapatkan teman baru yang mengajar Geografi dari berbagai sekolah yang memiliki tantangan dan pengalaman yang unik.  Mereka sangat menyenangkan. Guru-guru ini selalu punya komentar menginspirasi dan lucu yang tidak bisa tergantikan. Bener-bener, pengalaman 1 minggu yang penuh dengan tawa dan senyum. Saya sangat excited bagaimana guru yang baru berkenalan 1 minggu bisa jujur dan terbuka satu dengan yang lain.  Guru-guru ini juga punya hati yang besar untuk belajar dan berbagi hal-hal yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Saya percaya bahwa keterbukaan pikiran dari merekalah yang membuat training ini keren. Jarak umur diantara kami tidak berarti dengan semangat belajar dan berkolaborasi.

RPP – Klasifikasi Iklim
Klik disini untuk melihat RPP
Slide Presentasi – Klasifikasi Iklim

Slide Presentasi – Penginderaan Jauh

Saya senang bagaimana pendidikan Indonesia telah semakin maju memberikan kesempatan pada para pendidik untuk belajar, berbagi, dan saling menginspirasi. Saya berharap ke depan akan ada training teknologi yang progresif untuk para pendidik di masa yang akan datang di Pusat Pelatihan ini.

Training

Akhir kata, saya percaya satu bagian dari mimpi saya untuk pendidikan Indonesia telah menjadi kenyataan seiring saya menjadi bagian dari program pengembangan guru disini. Suatu hari saya yakin akan terlibat dalam mendesain program inovatif pengembangan guru terutama dalam penggunaan teknologi seperti CTSC di Teachers Columbia, New York bagi pendidik di Indonesia.

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Lea says:

    Awesome as always Steven…

    Terimakasih untuk selalu menginspirasi 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s