Hari Pertama Sekolah? Kesan Pertama yang Tak Terlupakan

Hari Pertama Sekolah? Sejuta Rasanya! 

Biasanya kalo 1st day of school itu seharian bersama Wali Kelas. Di sekolah saya sendiri bisa 3-4 jam di kelas. Aktivitas apa aja yang bisa kita lakuin di hari pertama? Sebenarnya saya yakin setiap sekolah biasanya kasih guidance buat guru untuk menyampaikan materi apa aja. Bisa tentang visi, misi, tema sekolah, kesepakatan kelas, student profile, peraturan, akademik, kurikulum, dkk.

Nah, cuma memang dalam menyampaikannya kita perlu melihat kondisi siswa kita. Kebetulan tahun ini saya wali kelas tunggal kelas 11 IPS 3. High School Student. Ada pepatah bilang “Kesan Pertama itu Penting Banget.” Saya setuju banget, so saya berpikir gimana menciptakan 3-4 jam pertama di kelas saya bersama High Schoolers ini yang gag bakal terlupakan.

Berikut adalah cara saya ‘mendesain’  Hari Pertama Sekolah yang Tak Terlupkan.

1. Setting Bangku Diskusi

Diskusi itu seru banget. Manusia makhluk sosial bukan cuma di buku IPS. Itu beneran dan berlaku bagi siswa kita juga. Apalagi banyak dari mereka yang baru ketemu setelah liburan. Siswa pasti mau ngobrol dan itu hal yang natural kok. that’s why, saya coba atur kelas saya dengan format diskusi yang justru mendorong siswa untuk aktif ngobrol dan berbagi.

2.  Ceritakan Jadwal Kegiatan Liburan 

Setelah say “Hi & Welcome” dan berdoa bareng,

Dalam 10 menit, ajak mereka mendiskusikan dengan teman-teman mereka di kelas ajak siswa untuk merenungkan pengalaman liburan mereka mumpung masih fresh.

¨Coba Ceritakan Jadwal kegiatan kamu waktu liburan?”

Bangun jam brapa, tidur jam berapa, makan jam berapa, maen jam brapa?

Sebagai teladan yang baik, guru juga perlu membagikan jadwal mereka. Tak Kenal Maka Tak Sayang. Jadilah apa adanya. Ketika kita mau terbuka sama murid menceritakan kehidupan kita, mereka pun akan cerita. Saya aja bakal cerita kalo saya bangun jam 6/6.30 pagi lalu nonton, jalan-jalan, browsing-browsing, hang out, tidur, makan, tidur, dkk. Nah pastinya, siswa juga punya cerita yang gag kalah seru.

Setelah diskusi 10 menit, minta siswa bagiin jadwal paling unik pas liburan di depan kelas. Expose cerita mereka, kasih komentar seru dan membangun terutama bagi siswa yang punya cerita unik dan gokil.

3.  Sekolah Vs Liburan

Hadapin aja kenyataan. Ajak siswa menyadari bahwa mereka gag bakal bisa lagi punya jadwal kegiatan liburan mulai hari ini.
Sekolah dijamin beda dengan liburan.

Coba tanya siswa apa aja beda sekolah sama liburan? Bener gag sih kayak gini?

Liburan: Kalo pas liburan, baru bangun buka mata aja jam 7, trusmakan, nonton tiba-tibaudah jam 12 lagi

Sekolah: Kalo pas disekolah, baruajamasukkelas jam 7, tutupmata, bukamata, ngobrol, masih jam 7.03

Disini ajak siswa merefleksikan :

Tuhan udah kasih kita begitu banyak waktu, apa yang udah kalian lakuin untuk mengisi waktu yang ada waktu liburan kemarin? Coba sebutkan hal-hal yang bermanfaat?

Gimana cara asyik mengisi waktu kamu?”

Nah, sekarang, di tengah keterbatasan waktu, coba bagaimana kalian menggunakan waktu di sekolah?

Buat 5 daftar hal sederhana dan berguna yang dapat kamu lakukan pada saat sekolah!

3. Apa Sekolah seperti ini?

 tumblr_milspankms1s5prmbo1_500

Ada pepatah bilang bahwa SMA akan membawa kamu dalam pengalaman yang belum pernah kamu bayangkan. Ajak siswa berpikir pengalaman seru apa yang akan terjadi selama SMA?

Seperti contoh-contoh di bawah ini:

 school

Ajak siswa berpikir apakah itu pengalaman yang mereka rasakan selama di Sekolah?

Saya rasa hal ini memang mungkin bakal terjadi. Tapi, yuk ajak siswa untuk berpikir POSITIF bagaimana mereka bisa mencari solusi dan mengubah paradigma mereka kalo sekolah pasti lebih seru dibading hal-hal di atas.

4. Refleksikan Kekurangan/Kesalahan Tahun Lalu

Ajak siswa mengingat masa lalu di kelas sebelumnya. Coba ajak siswa memikirkan pengalaman lucu, konyol,  dan yang ngga banget merek lakuin tahun lalu. Bisa berupa kesalahan jawaban, strategi belajar atau apapun. Sebelum mulai diskusi, coba berikan contoh kesalahan yang bisa saja terjadi seperti gambar di bawah ini:

 Picture2

chelseawhoosh dsda Funny-Answer-Sheets-in-English-Funny-English-Grammar-Words-and-their-Opposites-Funny-Test-and-Exam-Answer-Sheets images funny-test-answers-smartass-kids-7 funny-test-answer-saturn-rings-single-ladies funny-math-test-answer inappropriate_kids_answers_27 article-2108063-11F77C24000005DC-1000_636x742 3 test-answers-that-are-totally-wrong-but-still-genius-13 funny-quotes-5218

Kasih mereka waktu 5 menit untuk berdiskusi bareng temannya untuk mendiskusikan kesalahan-kesalahan itu. Lalu, ajak beberapa siswa untuk membagikannya di depan kelas.

school2

Seperti quote di atas, Percayalah bahwa hidup itu akan memiliki lebih banyak TES dibanding sekolah. Jika mereka sudah melakukan banyak kesalahan itu artinya mereka HARUS belajar dari kesalahan tersebut dan menjadi lebih baik lagi.

Sekolah mungkin gag akan lebih mudah. Tapi justru disitulah siswa akan diajak untuk bertumbuh DEWASA.

Berikut beberapa quote yang dapat memotivasi mereka untuk menghadapi tahun ajaran baru.

schoo

winner loser No-Limits-Inspirational-Picture-Quote

Sekolah mungkin penuh tantangan. Tapi tanamkan mental Winner dalam diri mereka karena mereka sesungguhnya adalah pemenang. Ajak mereka belajar mengatasi kelemahan mereka dengan tindakan nyata yang membuat mereka lebih maksimal lagi.

Stop Saying I wish tapi mulai komitmen berkata I will di tahun ajaran baru ini. Ajak siswa membuat 5 komitmen baru mengawali tahun ajaran baru ini.

teenager-quotes-and-sayings-deep-meaningful-short-cool_large

5. Visi & Misi Sekolah

Saya percaya setiap sekolah memiliki visi & misi yang positif yang pastinya memiliki tujuan untuk memaksimalkan potensi siswa-siswinya untuk mencapai prestasi yang baik, menunjukkan karakter yang saleh, dan juga iman kepada Tuhan. Yuk, ajak siswa mereview visi dan misi sekolah agar siswa mengingat kembali apa sih tujuan mereka belajar di sekolah ini yang lebih dari sekedar mendapatkan nilai di rapot.

Berikan contoh hal-hal kecil yang dapat mereka lakukan untuk menerapkan visi, misi sekolah.Gag perlu hal yang besar, heboh, dan megah untuk nunjukkin bahwa visi, misi sekolah tergenapi. Mulai aja dari hal-hal kecil yang ada di sekitar siswa. Sebagai contoh video di bawah ini menunjukkan hal sederhana yang dapat kita lakukan bagi sesama kita dimana aja & kapan aja untuk menunjukkan karakter positif sesuai visi dan misi sekolah anda.

6. Bangun suasana “Welcome Home”

Saya yakin gag kebetulan tema sekolah saya adalah Welcome Home. Dimana disini kami menyambut siswa kami sebagai keluarga. Meskipun tema anda bukan welcome home, coba ajak siswa merasakan suasana “home” di sekolah, terutama di kelas anda.

Berikut adalah makna dari “Home”

 quote-designrulz-0055

f0c16e000ea916297121acbda73a0559 large7 family-love-quotes-2

Jelaskan makna dan implementasi Home dari setiap quote yang diberikan. Pastikan mereka sepakat bahwa inilah suasana Home yang ingin diciptakan di kelas dan di sekolah anda. Jadilkan kelas anda sebagai rumah kedua mereka dimana mereka menemukan teman dan sahabat dimana mereka bisa jadi apa adanya dan terbuka.

Oleh sebab itu, ajak siswa sepakat bahwa di kelas anda :

 5138845_orig

Nah, setelah itu anda bisa mengajak siswa kembali berdiskusi:

Bagikan kesan pertama kalian ketika kalian tahu saya wali kelas kalian dan kalian punya teman-teman di kelas ini. Apa harapan kalian untuk kelas ini? Buat mereka mendiskusikan harapan di kelas ini dan setelah itu ajak siswa membagikannya di kelas.

7. Cara menciptakan “Home” di kelas anda

Berikut adalah langkah teknis yang dapat kita lakukan untuk menciptakan suasana Hommie bersama siswa:

1.Profil & Biodata Siswa

Tak kenal maka tak sayang. Syarat pertama sebuah keluarga adalah mengenal satu dengan yang lain. Ajak siswa anda membuat profil yang dapat dipajang di depan kelas supaya siswa bisa semakin mengenal lebih dekat.  Minta siswa isi biodata seperti nama, tanggal lahir, hobi, cita-cita, motto, lalu buat grup bbm, line, agar memudahkan berinteraksi.

2. Struktur Kepengurusan Kelas.

Dalam rumah, butuh ada pemimpin dan pembagian tugas dalam mengerjakan tanggung jawab sebagai keluarga. Oleh sebab itu, butuh orang-orang yang mengelola tugas-tugas itu dalam struktur kepengurusan kelas. Secara demokratis, tantang siswa untuk menunjuk dirinya sendiri ambil bagian.

3.  Bahas Peraturan Kelas & Sekolah dengan transparan

Agar keluarga menjadi teratur dan tertib. Jelaskan aturan yang perlu siswa patuhi:

– Kehadiran di sekolah TEPAT WAKTU.

– Penampilan  Siswa (Seragam) yang tepat dan sesuai.

– Jalur Komunikasi dengan Guru dan HT.

– Bahas Masalah/Contoh kasus yang bisa terjadi (Bullying, Pacaran, Gang, Masalah dengan guru, nilai, dkk)

– Ajarkan tindakan-tindakan yang tepat bila menghadapi masalah seperti ditegur guru dan sebagainya.

– Konsekuensi & Tahapan tindakan sekolah jika siswa melanggar aturan. Terpenting: ajarkan siswa makna dari konsekuensi tersebut bagi hidupnya.

 4. Jelaskan Kurikulum

Sebagai keluarga, harus tahu apa aja yang dilakukan selama di dalam keluarga. Pastikan siswa tahu memahami aturan dan ketentuan umum kurikulum baru 2013 yang memiliki pendekatan saintifik seperti gambar di atas. Ajak siswa mengenal lebih dalam tentang:

– Keaktifan

– KKM

– Waktu Belajar

– Kegiatan Ekstrakurikuler

– Kegiatan di luar sekolah(Retreat, Live In)

-Kriteria Kenaikan Kelas

5. Buat Goal Setting

Ajak siswa merangkum dari semua pengalaman yang didiskusikan hari ini dengan merumuskan tujuan apa yang mereka ingin capai di kelas yang baru, mulai dari sikap, pengetahuan, dan keahlian. Beri waktu mereka menuliskannya di kelas sambil menyelesaikan student profile di kelas. Kalau di sekolah saya, pembuatan goal setting diarahkan dengan prinsip 3R:

1. Respect: Coba pikirkan bagaimana kita dapat lebih respek pada Tuhan, ortu, guru, dan sesama

2. Responsibility: Bagaimana kita dapat bertanggungjawab lebih lagi dalam mengerjakan tugas, ulangan dan hal-hal yang dipercayakan

3. Ready: Bagaimana siswa bisa lebih siap Hadir tepat waktu, mengikuti pelajaran lebih semangat dan sebagainya.

Gunakan prinsip ini dalam membuat Goal Setting yang efektif:

6. Tantang Siswa untuk Terbuka dan Saling Mengenal

Bagian terakhir ini adalah bagian yang paling seru dimana disini saya menantang siswa untuk belajar percaya pada kelasnya dan terbuka menjadi apa adanya. Caranya? Saya minta setiap siswa membagikan:

-Kelebihan

-Kekurangan

-Hal yang paling mereka sukai dalam pertemanan

-Hal yang paling mereka tidak sukai dalam pertemanan

Serunya disini saya mencoba memulai duluan sebagai wali kelas. Saya bagikan saja diri saya apa adanya agar siswa benar-benar mengenal saya. Saya pesan sama mereka, ketika seseorang berani menceritakan kelemahannya artinya mereka percaya sama kalian. Artinya mereka mau belajar menjadi apa adanya. Artinya mereka menganggap kalian lebih dari sekedar teman. Oleh sebab itu, saya jelas menegaskan bahwa apa yang dibagikan bukan untuk bahan bullying tapi justru untuk bahan dimana kita bisa saling support satu dengan yang lain.Disini kami semakin percaya dan saling mengenal satu dengan yang lain.

Ada variasi jawaban yang unik dan menarik yang jujur saja saya ternyata baru tahu setelah ditanya satu per satu. Mulai dari siswa yang lemah di Math, kuat di Olahraga, lemah dalam presentasi, ngomong di depan, sulit percaya, punya kelebihan dan kekurangan yang dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua.

Saya pribadi pun menegaskan “Kita menerima kalian apa adanya. Tapi kami tidak mau kita tetap menjadi apa adanya terus menerus” Oleh sebab itu, disini saya mencoba menciptakan sistem “Support Buddies” dimana siswa akan memiliki partner dalam kelas yang selalu mendukung dan bertanggung jawab 1 dengan yang lain. Support Buddies ini dapat kita tentukan melihat kedekatan dan kemampuan siswa untuk saling mendukung satu dengan yang lain. Dengan sharing session ini, kita dapat saling mengenal satu sama lain.

Akhir kata, saya mencoba memastikan siswa memiki komunikasi yang sehat satu dengan yang lain. Seperti pepatah di atas komunikasi adalah dasar dari hubungan satu dengan yang lain. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa saya membuat Welcoming Letter dalam bentuk iPhone. Sebenarnya bukan iseng, tapi justru disini saya menekankan pentingnya komunikasi yang sehat dalam 1 kelas.

Selamat Datang di Keluarga Kelas 11 IPS 3!

 welcome

Demikian pengalaman 1st day of school di kelas saya. Saya merasakan betul bahwa siswa benar-benar terkoneksi dengan saya lewat 1st day of school ini. Saya berharap hal ini bisa jadi pengalaman belajar bersama.

Saya berharap teman-teman yang lain juga bisa membagikan pengalaman 1st day of school yang tidak kalah uniknya. Saya yakin banyak kesan pertama yang tak terlupakan dalam cerita hari pertama sekolah anda bersama siswa, Silahkan feel free untuk membagikannya juga! =D

Dengan ini saya mengucapkan juga Welcome Back Teachers! di dunia dimana kita akan menjadi lebih dari sekedar guru!

teacher

Advertisements

12 Comments Add yours

  1. Effendi Naza says:

    wowwwww !!! 🙂 you are getting better sharper mind-blower teacher 🙂 keep up your best effort that i know you build it on your humble heart in responding to God’s Love … let your spirit be contagious … keep rockin’, my bro 🙂

    1. Thank you Mr. Effendi for being faithful supporters for me! I learn a lot from you too. Glad to be inspired by an inspiring leader like u, bro =D

  2. silvyavyaa says:

    Wah, pengalaman memang pelajaran yang terbaik ya, kak. Ini bisa jadi pedoman untuk setiap calon guru dalam memasuki hari pertama di sekolah. Terima kasih telah berbagi cerita. 🙂

    1. Terima kasih Silvya. Saya percaya setiap kita punya pengalaman yang unik yang dapat dibagikan ke dunia. Saya berharap pengalaman ini adalah salah satu pengalaman yang dapat memberkati guru-guru di seluruh dunia =D

  3. steven thank you ya untuk sharing yg sudah dibagikan,,, sangat memberkati..yuph 1st day at school sangat mengesankan… 🙂 semangat teachers !!! GBU

    1. Terima kasih Riris udah komentar! Iya saya berharap 1st day kita bakal jadi kesan yang memorable buat siswa. God bless you too ya!

  4. Lea says:

    keren steven, terimakasih inspirasinya…
    keep sharing
    Semangaatt!!..(^.^)/..

    1. Thank you Ibu Lea. Pasti anda juga punya cerita 1st day of school yang keren banget!

  5. so inspiring ko steven! may God bless your service:)

    1. Thanks Melisa. Hope you do have unique story of your 1st day of school!

  6. jacob lando says:

    Halo ka epen. Baru berkunjung nih ke blog keren senior paling kece, aseek

    1. Hi Lando! Hahaha Welcome to my blog ya! =D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s