Meneliti Pelestarian Digital Budaya di Galeri Indonesia Kaya (Bagian 3 dari 3)

Displaying 1398939482936.jpg

Juara I PLASMA 2014

1 TIM, 1 X ikut, Juara I.

Mulai dari juara III, juara II, dan juara I , nama sekolah kami pun akhirnya disebutkan. Puji Tuhan, kami bersyukur kami berhasil meraih Juara 1 di lomba penelitian ini, dimana juara 2 adalah juara bertahan tahun lalu SMA St.Ursula, sedangkan juara 3 nya adalah SMA Regina Pacis.

Yang mengejutkan panitia dan juga menurut saya luar biasa adalah dri 3 besar ini, kami satu-satunya grup yg pertama kali ikut dan mengirimkan 1 tim dan kami berhasil lolos hingga juara 1. Semua panitia bahkan guru-guru pun dengan penuh sukacita menyelemati saya dan rekan-rekan karena keberhasilan ini. Usai dari kegiatan ini, kami pun masih setengah tidak percaya betapa Tuhan begitu baik terhadap kami!

Displaying 1398939507378.jpg

Juara I PLASMA 2014

PROSES MENUJU PUNCAK

Juara I, II, III PLASMA 2014

Sukacita meraih puncak tidak lengkap jika kita melupakan proses menuju puncak itu sendiri. Saya pribadi selalu punya prinsip perjalanan atau proses memiliki makna yan lebih mendalam dibandingkan tujuan/hasil itu sendiri. Singkatnya, berikut adalah beberapa tips ABCD-S yang akan kami bagikan dari pengalaman penelitian ini:

1. Andalkan Tuhan.

Kami sadar betul bahwa Tuhan yg bekerja di dalamnya dimana kami tidak mungkin mampu berjalan sendiri dalam melakukan penelitian ini. Sertakan Tuhan sebelum dan setelah lomba dengan meminta bimbingan Tuhan dengan berdoa.

2. Bimbingan yang kolaboratif dan konsisten

Dalam membimbing karya tulis, diskusi, debat, dan desain penelitian dibicarakan dengan semangat belajar yang tinggi. Jangan malu untuk bertanya guru lain dan meminta bantuan.

3.Cari Topik yang menantang, menarik, dan menumbuhkan rasa ingin tahu.

Jangan ambil topik yang sudah biasa, coba eksplorasi topik penelitian yg masih jarang dan fokus disana.

4. Desain Presentasi
Jangan sekedar membuat presentasi spt laporan penelitian yg kaku dan monoton. Desain dengan foto, perpaduan warna, dan berbagai macam teknik desain yg menarik. Kerja sama dengan siswa sangat diperlukan karena siswa kita bisa memiliki keahlian desain yg lebih dibadingkan kita.

5. Simpel

Elaborasi topik penelitian dibuat sederhana dan simpel yang dapat dikerjakan dengan sistematis dan rapi dengan kualitas yg maksimal. Desain presentasi pun perlu dibuat simpel. Ingat Less is More.

Displaying 1398939493728.jpg

Juara I PLASMA 2014

MENELITI TIDAK SENDIRI

Displaying 1398939549362.jpg

Kata Pengantar dalam penelitian membuktikan bahwa dalam melakukan penelitian tidak pernah bisa dilakukan sendiri tanpa orang lain. Pada kesempatan ini, kami pun mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yg telah berkontribusi dalam penelitian ini:

1. Putu, Budi R, dan Puni Rumanti
Rekan pendidik yg membantu memberikan kesempatan dan memotivasi untuk ikut lomba penelitian sosial

2. Silvia Widodo
Rekan konselor di SMA Dian Harapan yg juga membantu  mempertajam topik penelitian dan metode kuantitatif.

3. Deasi Saragih dan Effendi N.
Rekan pendidik di SMA Dian Harapan yg juga membantu metode kuantitatif

4. MH Santosa (@mhsantosa)
Teman pendidik yg berada di Australia yang menjadi tempat saya bertanya ttg metode penelitian dan saran dalam paper dan presentasi kami. Beliau sangat sabar dan responsif dalam membimbing kami melakukan penelitian.

5.Billy Gamaliel dan staff Galeri Indonesia Kaya @IndonesiaKaya
Pihak yang membantu kami mendapat gambaran yang holistik tentang pelestarian digital budaya Indonesia

6. Guru, Dosen, dan Panitia Plasma 2014 Unika Atma Jaya.
Pihak yang terus mensupport dan membimbing kami dalam penelitian sosial Plasma.

Displaying DSC_6835.JPG

PENELITIAN BUKAN PENELITIAN SAMPAI DIBAGIKAN

Di tengah era informasi yang begitu cepat ini, jangan sampai status twitter  yang galau yang menjadi bacaan setiap hari. Mulai biasakan budaya berbagai. Jangan simpan penelitian untuk diri sendiri karena meneliti tidak sendiri. Oleh karena itu,  berikut saya lampirkan presentasi kami yang dapat menginspirasi siswa, guru, dan mahasiswa untuk bisa melakukan penelitian sosial yang lebih keren dari apa yang sudah kami lakukan.

 

Saya berharap ke depan minat penelitian bisa terus dikembangkan dan dilestarikan dalam lingkungan akademis. Selain itu, saya ingin terus mempromosikan pelestarian digital budaya Indonesia yang dilakukan Galeri Indonesia Kaya.

Ayo kunjungi websitenya di www.indonesiakaya.com dan datang ke Galerinya! Yuk lestarikan budaya Indonesia dengan teknologi digital.

Displaying DSC_6805.jpg

Setelah ikut lomba ini, saya tertarik sekali suatu saat nanti bisa berkolaborasi melakukan riset bersama siswa, mahasiswa, guru, dan dosen dalam melakukan penelitian yang dapat mengembangkan wawasan dan pemecahan masalah yang kreatif untuk bangsa Indonesia ini. Yuk budayakan penelitian menjadi gaya hidup masa kini!

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. deasisaragih says:

    Selamat buat tim Sekolah Dian Harapan Daan Mogot, semua kerja keras dan ketekunan memang selalu membuahkan hasil. Semua biarkan kembali untuk kemuliaanMya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s