14 Resolusi Guru untuk 2014

Mengawali tahun 2014 ini menjadi momen bagi pendidik untuk membuat resolusi hal-hal yang akan dicapai di tahun 2014. Berikut adalah contoh 14 resolusi untuk 2014:

1.    Lakukan dengan Berbeda

Jika anda mengajar mata pelajaran yang sama bertahun-tahun, ini saatnya anda merancang inovasi strategi mengajar, penilaian, dan tugas-tugas yang anda berikan kepada siswa. Buat tahun ini berbeda dan tentunya lebih bermakna!

2.    Membuka Diri

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTp4Gtydl8IZiJRmXB4MjJY1XvsLX7un4ZgpNDoth8csJGJJSLALg

Buka diri anda terhadap evaluasi, komentar, dan saran dari siswa, guru, dan komunitas sekolah. Anda dapat melakukan survey lisan atau menyebarkan diskusi singkat tentang kegiatan pembelajaran yang anda lakukan.

3.    Dokumentasikan

Simpan momen perjalanan anda sebagai pendidik baik dalam bentuk catatan, foto, video, dan berbagai media dokumentasi yang dapat anda akses dengan mudah.

4. “Kepo” atau “Curious”

Kembangkan rasa ingin tahu anda terhadap hal-hal yang dapat mengembangkan wawasan anda di dunia pendidikan melalui membaca informasi dan membangun komunikasi dengan sesama pendidik.

5.    Berjejaring di Media Sosial

Bangun percapakan untuk bertukar pikiran dengan berbagai pendidik di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Google+ akan menjadi pengalaman sosial menembus batas ruang dan waktu.  

6.    Berbagi di Media Sosial

Anda dapat meluangkan waktu setiap harinya 30 menit untuk membaca twitter, facebook, dan google+ organisasi pendidikan seperti @Edutopia @TeachThought @Edudemic @guraruID @bincangedukasi. Setelah membaca, anda dapat  berita, opini, bahkan inspirasi yang dapat ‘mendidik’ teman dan pengikut anda dalam media sosial,

7.    Menulis Blog

Menulis adalah bagian dari merefleksikan pengalaman anda untuk menjadi lebih baik lagi. Bagikan refleksi pengalaman anda di blog yang dapat dibaca semua pendidik kapan saja, dimana saja.

8.    Belajar Online

Di tengah kesibukan dunia sekolah, luangkan waktu untuk ikut dalam pelajaran online yang dapat memperkaya wawasan tentang dunia pendidikan. Modal yang dibutuhkan adalah komitmen belajar+ waktu luang+ koneksi internet. Tahun 2014 ini, Coursera menyediakan banyak pelajaran menarik bagi pendidik seperti K-12 Blended Learning & Online Learning, Higher Education History, Creative Problem Solving, Coaching Teachers, Foundation of Teaching for Learning.

9.    Ikut Seminar, Workshop, dan Pelatihan

Atur jadwal anda untuk berjejaring bersama rekan pendidik dengan mengikuti seminar, workshop, dan konferensi yang menantang anda untuk terus belajar dan berbagi dengan sesama pejuang pendidikan.

10. Rancang Riset

Desain riset  sederhana dalam pelajaran anda yang menantang anda untuk mengevaluasi metode, penilaian, hasil belajar, dan keahlian yang berkembang di kelas anda. Rumuskan masalah, lakukan studi literatur, rancang metode, dokumentasikan hasil penelitian, bahas dan buat kesimpulan dalam jurnal sederhana.

11.    Jadi Pembicara

Persiapkan diri untuk tidak hanya terlibat sebagai peserta di konferensi pendidikan, tetapi juga jadi pembicara dalam konferensi pendidikan. Ini akan menjadi kesempatan berharga dimana anda akan belajar mengkomunikasikan riset anda.

12.    Gabung di Organisasi Pendidikan

Bergabung dengan organisasi dan kegerakan pendidikan di luar sekolah akan membuka wawasan anda tentang dunia pendidikan yang berbeda dari sekolah anda.

13.    Ikut Kerja Sosial

Berkontribusi aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial yang ada di sekitar anda. Dapatkan pengalaman tak ternilai dari perspektif yang berbeda yang akan membuka wawasan dan hati anda.

14.    Kampanye

Dari hasil seminar, workshop, konferensi, dan riset anda, bagikan hal-hal yang sudah anda pelajari dengan mengkampanyekan rekomendasi anda bagi dunia pendidikan. Anda dapat membangun kegerakan, website, media sosial untuk mengajak dunia pendidikan untuk ikut serta melakukan sesuatu yang berbeda bersama anda.

 Demikian 14 Resolusi untuk tahun 2014 yang dapat anda pilih atau anda lakukan secara bertahap dalam dunia pendidikan.


 

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. maximos62 says:

    Ada banyak ide di sini yang penting. Supaya kita betul-betul guru abad 21, kita mesti menikuti resolusi ini. Dalam pengalaman saya resolusi ini adalah dasar pendidikan yang kontemporari.

  2. Made Hery Santosa says:

    Resolusi adalah komitmen Mas. And these are great ones! Thanks for sharing and reminding. You are on your way to be an inspiration 🙂

    1. Thanks bro! Commitment yes, that’s the hardest one but I challenge myself to reach them. Hope the best 2014!

      1. Srinawati says:

        Helo Ven. Ada catatat kecil utk Ve (mmaklum ini merupakan satu bukti bahwnya bahsa itu dinamis…pinjam meminjam kata dr bhsa laini adalah gejala yg normal… Resolusinya bagus..karangan ini banyak kata pinjaman dr bhs inggris, semua bahasa mengalami gejala ini dan tak dpt dihindarkan..hanya bhp yg sdh ‘mati’ spt sansekerta dan bhs Latin tdk meminjam kt lain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s