Video Pendidikan Abad 21

Perkembangan teknologi digital media telah menjadi salah satu fenomena pendidikan yang tidak dapat disangkal lagi. Sudah saatnya guru maupun sekolah hanya terpaku pada buku teks tanpa memaksimalkan kreativitas penggunaan teknologi di sekitar mereka. Berikut adalah beberapa koleksi video dari http://www.edutopia.org/blog/film-festival-meeting-kickoffs yang mencoba menampilkan pentingnya integrasi teknologi masa kini.

The Future Starts Now 2012 

Video berupa gambar handmade dan animasi ini menggambarkan berbagai permasalahan status quo yang ada di dalam pendidikan kita yang mempertahankan sistem tradisional. Sayangnya, pendidik masih banyak yang belum sadar betapa ironisnya dampak status quo tersebut pada generasi muda kita. Memang bukan artinya kita langsung mengajarkan ICT / teknologi di depan kelas, tetapi justru kita memakai teknologi untuk menjadikan pembelajaran bermakna bagi siswa untuk menjadi bagian dari solusi memecahkan permasalahan dunia.

An Introduction to Technology Integration

Video ini menampilkan bagaimana dampak penerapan teknologi pada satu sekolah dasar yang menciptakan lingkungan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan relevan bagi siswa. Disini, siswa secara aktif ditantang untuk tidak hanya mendapatkan nilai A, B, C tetapi bagaimana mereka mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka sehingga mereka bisa belajar pada tahap belajar yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka dengan teknologi yang ada di sekitar mereka.  Mulai dari membuat film, recording, gambar, siswa secara kreatif menghasilkan produk digital sesuai dengan minat dan bakat mereka untuk memahami pelajaran.

Make Your Voice Heard: Democratic Education

Video ini menggambarkan bagaimana setiap siswa diciptakan unik sesuai dengan kelebihan dan kekurangan mereka. Suatu hal yang ironis ketika pendidikan kita justru mengubur perbedaan itu dengan tes standisasi yang menyamaratakan kemampuan siswa. Ini saatnya pendidikan dikembalikan pada hakekatnya untuk mengembangkan potensi setiap individu secara maksimal.

What is 21st Century Education?

Video ini memperkenalkan dampak global dari perkembangan teknologi yang menantang pendidik untuk berpikir kembali bagaimana mereka mempersiapkan siswa mereka dengan keahlian, kemampuan, dan pengetahuan yang relevan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan abad 21

Biarlah melalui film-film tersebut, pendiidk, sekolah, siswa, bahkan seluruh orangtua di Indonesia sadar bahwa pendidikan di Indonesia masih perlu terus dikembangkan untuk memperlengkapi siswa sesuai dengan tuntutan abad 21.

Sumber:

http://www.edutopia.org/blog/film-festival-meeting-kickoffs

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s