I Have Nothing to GO BEYOND, EXCEPT…

 

Setiap orang punya caranya sendiri mencatat khotbah di gereja. Saya pribadi lebih memilih mencatat khotbah dengan 2 cara:

1. Tweet poin-poin penting dalam khotbah

2. Tulis refleksi khotbah di blog saya.

Kenapa lewat twitter? Bukan untuk sok eksis atau apa, banyak poin/quote penting dalam khotbah yang sayang jika saya lewatkan, jadi saya langsung catet di twitter dan saya tweet. Setelah itu, baru saya share di blog saya. Kenapa semuanya di dunia maya? Alasannya simpel supaya apa yang saya dapat bisa jadi berkat juga buat orang lain yang membacanya. Saya rasa sudah saatnya budaya sharing ini dilakukan agar berkat rohani yang kita dapat tidak hanya berada dalam 4 tembok gereja tapi juga bisa dibagikan kepada dunia.

Nah, hari ini saya akan membagikan refleksi saya pribadi di seri terakhir dari khotbah “Beyond” di gereja saya City Light Church Jakarta Topik Beyond Series ini memang sejak awal mendiskusikan perjalanan Nabi Elisa dalam kitab 2 Raja-Raja. Setelah kemarin membicarakan keberanian Elisa untuk melangkah lebih lagi, kali ini dalam 2 Raja-Raja 4, dikisahkan Elisa ketemu seorang Janda. Kisah ini sudah puluhan kali saya baca di Alkitab sejak kecil. Tapi, itulah Firman Tuhan, saya selalu mendapatkan hal baru terutama hari ini ketika dikupas Ps.Jason. Dalam hati, saya pun bertanya-tanya bukankah kisah minyak seorang janda ini hanyalah menggambarkan mujizat Tuhan, so dimana Go Beyond nya? Ternyata ada 4 poin utama yang saya temukan dalam kisah minyak seorang Janda. Diceritakan seorang janda punya hutang, jatuh miskin dan hidupnya sulit luar biasa. Namun inilah poin yang penting yang saya pelajari dari kelemahan janda ini:

1.  WHAT DO YOU HAVE?

“Apa yang kamu punya?”  Itulah pertanyaan simpel yang ditanyakan Elisa kepada janda tersebut. Elisa gag nanya apa yang belum kamu punya?, tapi ia bertanya apa yang kamu punya. Pertanyaan itu pun juga ditanyakan Tuhan kepada kita. Pertanyaan yang menantang kita berpikir apa yang Tuhan sudah anugerahkan kepada kita? Mulai dari akal, pikiran, hati, dan segala sesuatu yang kita miliki.

2.I HAVE NOTHING

Itulah jawaban janda tersebut pertama kali meresponi pertanyaan Elisa.  Seringkali kita juga menjawab hal yang sama bukan. Kita mungkin justru akan menguraikan segala ketidakberadaaan kita, mulai dari kita tidak punya solusi, jawaban, ini itu dan sebagainya. Jika kita berhenti sampai disini ya sudah artinya ya kita pun ibarat tidak mau berusaha apapun. Kita hanya bisa pasrah menunggu tanpa usaha apapun. Padahal Tuhan udah kasih banyak hal ke kita mulai dari hidup, logika, akal pikiran, hati dan sebagainya yang bisa dipakai untuk menjadi jawaban atas permasalahan kita. Untungnya jawaban janda tersebut tidak berhenti disitu.

3. EXCEPT IS CHANGING EVERYTHING

“Saya gag punya apa-apa, kecuali sebotol kecil minyak” Memang pada awalnya dia menyampaikan ketidakpunyaan dia, tapi si Janda pun tidak berhenti sampai disini, ia berani mengungkapkan hal terkecil yang ia miliki. Justru ketika ia mengungkapkan kata KECUALI itu, menjadi suatu SOLUSI. Your Exception = God’s Solution. Mulai dari hal terkecil yang kita miliki, itulah yang akan dipakai Tuhan untuk menjadi jawaban. Dengan hal terkecil itulah, Tuhan melakukan mujizat melipatgandakan minyak tersebut menjadi berlimpah-limpah untuk dijual. Beranikah kita mengungkapkan, “Tuhan gw gag punya apa-apa, KECUALI pikiran, senyum, dan hidup gw. Disitulah Allah bekerja memaksimalkan pikiran, senyum, dan hidup kita untuk kemuliaanNya.

4. THINK INSIDE THE BOX & INVITE GOD TO COME IN

Selama ini kita sering disuruh think outside the box untuk membuat inovasi. Tapi sadarkah kita kalau “INBOX” kita menyimpan kreativitas dan inovasi ketika Tuhan masuk di dalam INBOX kita.  Ini saatnya kita berani berbeda mengundang Tuhan masuk dalam INBOX kita dan  melakukan inovasi dan kreativitas dalam INBOX kita melalui apa yang kita punya. Seperti saya, mungkin banyak kelemahan yang menghantui saya, membuat saya gag bisa ini itu. Tapi jika saya fokus pada apa yang saya gag punya dengan melihat kelebihan orang lain “OUTSIDE my box”, saya akan stuck. Tetapi ketika saya berani melangkah seperti seorang janda yang berpikir apa yang ia miliki dan mengundang Tuhan masuk bekerja di dalamnya, kita bisa melihat tangan Tuhan berkarya atas hidup kita. Seperti minyak seorang janda yang terus mengalir tiada henti, demikianlah Tuhan akan pake sekecil apapun kemampuan saya untuk berkarya bagi Tuhan.

Pada akhirnya, saya mengajak pembaca post ini bersama saya melihat apa yang kita miliki. Mungkin banyak hal yang tidak kita miliki, tapi saya yakin kita punya 1 hal yang kita miliki. Saya mungkin gag punya kepintaran seperti Albert Einstein, kegantengan Brad Pitt, suara emas Michael Buble, atau keahlian seperti David Beckham. Mungkin yang ada di tangan saya saat ini hanyalah blog dan twitter di gadget saya. Followers blog dan twitter saya pun mungkin jauh dari Celeb Twitter, atau mungkin hanya segelintir orang yang akan baca post atau tweet saya. Tapi saya mau pakai media sosial yang simpel dan sederhana ini menjadi alat dimana saya mau menyebarkan kabar baik kepada dunia lewat setiap tweets dan posts saya di twitter dan blog. Saya percaya mulai dari apa yang saya miliki inilah, Tuhan akan pakai untuk mengingatkan dan membangkitkan orang yang putus asa untuk datang kepada Tuhan dan DO SOMETHING to GO BEYOND.

Melalui EXCEPTION saya inilah, Tuhan akan memberikan SOLUTION bahkan ADDITION yang akan memberkati banyak pembaca dan followers saya di Twitter untuk Go Beyond.

So WHAT DO YOU HAVE NOW?

@StevenSutantro

Reflection of Ps.Jason Budiprasetya Sermon’s on August 11, 2013

City Light Church Jakarta (@clc_jakarta)

Gedung OT, Ahava Hall- Cengkareng

Jakarta Barat

Leave a Reply

