“BIG dream START small” Personal Reflection

clc

“IF God is your partner, make your plans big” D.L Moody
Kita memiliki Allah yg besar, oleh sebab itu buatlah rencana atau mimpi yg besar dalam hidup kita.

Yohanes 14:12 menyatakan “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa”

Sebuah mimpi besar diawali dengan langkah yg sederhana yang disebut sebagai IMAN. “A big dream without small step is a daydream.” Seringkali kita menuntut Tuhan menggenapi mimpi kita, namun jika yg kita lakukan hanya doa, puasa, tanpa tindakan kecil yang nyata, maka kita impian kita akan menjadi imaginasi belaka. Tadinya saya berpikir iman hanyalah kepercayaan atau sesuatu yg kita rasakan. Tetapi hari ini saya disadarkan bahwa iman lebih dari perasaan belaka, tapi iman adalah TINDAKAN NYATA yang dapat kita mulai.

Seperti yg dinyatakan dlm Ibrani 11:1 “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Jadi iman adalah bukti yg merupakan hal konkret yg dpt dilakukan manusia.” Untuk berani memiliki mimpi besar dibutuhkan iman untuk melakukan langkah kecil yang sederhana.


Saya pribadi memiliki mimpi besar untuk melakukan inovasi di dunia pendidikan dlm bidang #DigitalMedia. Saya punya impian Tuhan akan memakai saya untuk menginspirasi dunia pendidikan di Indonesia melalui media digital. Sejak tahun kedua saya mengajar, Tuhan mulai mendorong saya untuk memulai langkah-langkah kecil mulai dari belajar berbagai media digital. Saya bukan berasal dari background IT yg ahli di bidang komputer. Mungkin saya juga bukan seorang penulis handal di blog atau jurnal ilmiah.Saya juga bukanlah orang yg memiliki 5 atau 10 yalenta yg besar,mungkin saya hanya punya 1 atau 2 talenta, tapi justru dengan 1talenta sederhana inilah yang mau saya kembangkan untuk menggenapi mimpi tersebut. Akhirnya yang mulai saya lakukan adalah belajar media digital, baca buku, blog, ikut seminar, gathering, dan berbagai hal sederhana dimana saya mau mulai belajar mendengar dan menyimak orang lain. Sampai akhirnya di akhir tahun kedua saya mengajar, saya pun mulai melakukan langkah iman kecil mengajukan sebuah kegiatan ekstrakurikuler #DigitalMedia di sekolan saya. Puji Tuhan hal ini direspon positif oleh pihak sekolah dan malah didukung oleh administrator. Kemudian saya juga mengajukan usulan ini di depan siswa, saya pun mendapat banyak input dari siswa tentang ekskur ini. Saya juga mencoba menerapkan beberapa media digital did dalam kelas seperti twitter, instagram, dan pinterest. Ada kelebihan dan tantangan untuk menerapkannya lebih lanjut. Akhirnya, di awal tahun ketiga saya mengajar, say pun memulai sebuah ekstrakurikuler bernama #DigitalMedia. Sambutan positif pun berdatangan. Sampai akhirnya banyak siswa yang mendaftar. Impian sederhana saya pun mulai bertahap diwujudkan satu demi satu. Meskipun saya belum sampai di garis finish impian saya, saya melihat tangan Tuhan sedang merenda rencana yang dahsyat melalui tindakan iman yang saya lakukan.Tantangan? Banyak.Mulai dari menyusun sistem, wifi, dan berbagai sistem kontrol yang harus saya lakukan. Tapi, saya tidak sendirian, ada Kristus yang berjalan

So, tunggu apalagi? Apa mimpi anda? Mulailah dari langkah kecil yang dapat anda lakukan hari ini dan lihatlah bagaimana Tuhan akan berkarya dlm hidup anda menggenapi mimpi besar anda.

Steven Sutantro

Leave a Reply

