Go BEYOND with #DigitalMedia & #Entrepreneurship!

 

digital_media[1]

Tahun ajaran baru ini saya terus dibawa Tuhan ke dalam level baru yang lebih menantang. GO BEYOND! Ya itulah tema tahun ini yang saya rasakan. Banyak hal-hal baru yang belum pernah saya pikirkan, bayangkan bahkan saya lakukan dalam hidup ini akan saya benar-benar wujudkan di tahun ini.  Kalo tahun lalu Tuhan tantang saya mengajar mata pelajaran Geografi dari kelas 10-12 dimana saya berusaha semaksimal mungkin untuk membuat siswa tidak hanya BISA Geografi, tetapi CINTA Geografi, t ahun ini saya pun masih tetap dipercayakan mengajarkan Geografi kelas 10 tahun &  mata pelajaran baru :

 

Digital Media

Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya mengusulkan pelajaran ekstrakurikuler bernama “Digital Media” . Mungkin ada yang bertanya, apa perbedaan pelajaran ini dengan komputer?

Visi:   Membentuk komunitas budaya digital yang akan mengembangkan penggunaan  media kreatif di dunia maya

Misi: Memperlengkapi siswa dengan pengalaman belajar keahlian digital

Secara spesifik ekstrakurikuler ini akan memampukan setiap siswa untuk mampu mengembangkan berbagai macam media kreatif di dunia digital (maya) seperti:

1. Blog (WordPress, Blogspot, Tumblr, Weebly)

2. Presentation (Prezi)

3. Animasi (Xtranormal, Animoto)

4. Komik (Pixton, Storybird)

5. Gambar (Pinterest, Instagram, Pixlr, PsychoPaint)

6. Belajar Online (Coursera, Venture Lab)

7.Google (Map, Drive, Docs)

8. Social Media (Twitter, Google+,  Hootsuite, Tweetdeck)

9. Media Sosial ide siswa

Melalui berbagai macam media sosial ini saya berharap banget siswa dapat mengembangkan kemampuan digital mereka untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman belajar dunia digital ini akan membawa siswa merasakan masa depan dunia pendidikan yang akan banyak menggunakan teknologi abad 21 dalam pembelajaran. Teknologi bukan lagi hanya dalam pelajaran komputer tetapi benar-benar diterapkan dalam keseluruhan aspek kehidupan mereka.

Saya menyebutnya ketika teknologi, seni, dan pendidikan bertemu menjadi satu itulah digital media.

Saya berharap siswa juga dapat mengembangkan ekskur ini menjadi lebih kaya lagi dimana siswa sendiri dalam mengusulkan digital media yang dapat dipelajari di kelas. Jadi intinya disni akan terjadi sharing knowledge budaya digital.

Yang super mengejutkan, pendaftaran ekstrakurikule ini mendapatkan respon yang sangat positif. Terlepas hanya mencoba, tapi pemintat ekstrakurikuler ini untuk trial saja menembus rekor yang pernah ada:

Trial 1: 17 siswa !!!(Standard)

Trial 2: 85 siswa!!! (WOOOW)

Sayangnya kuota ekskur ini hanya 25 siswa saja, oleh sebab itu akan ada seleksi dimana siswa akan mengupload konten digital terbaik mereka di dunia digital dan mengirim linknya ke twitter saya @StevenSutantro

Ini saatnya dunia digital bukan hanya ada di kartun “Digimon” atau film-film fiksi saja, tetapi benar-benar ada dalam kehidupan sehari-hari dan dipakai untuk kemuliaan TUHAN!

 

 

Selain Digital Media, saya juga dipercayakan mengajar Entrepreneurship kelas 11 & 12

Untuk entrepreneurship kelas 11, kelas kami akan sama-sama membuat simulasi bisnis di open house pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013. Entah kenapa, dalam pelajaran ini saya justru merasa bebas berkreasi dalam mengajarkan siswa saya dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas yang mereka miliki. Saya percaya banget Tuhan akan bekeraja melalui kelas saya untuk memunculkan ide yang inovatif yang dapat membekali siswa saya di masa depan nanti.  Rencananya kami akan melakukan riset peluang bisnis terlebih dahulu selama 3 minggu untuk melihat berbagai macam contoh-contoh bisnis sukses yang dilahirkan dari orang-orang Indonesia. . Saya juga menantang siswa mengintegrasikan teknologi dalam membuat presentasi dengan media sosial dan prezi presentation.Setelah melakukan riset peluang bisnis, kelas kami juga akan membuat proposal bisnis bekerja sama dengan siswa kelas 11 IPA sebagai pembuat produknya. Wah, tahun ini pasti banyak banget hal-hal yang seru yang bakal dieksplor di kelas ini.

 

Untuk Entrepreneurship kelas 12, saya juga dpercayakan mengajar membuat karya tulis mini skripsi. Ketika ditanya banyak siswa yang memang mengalami kesulitan dalam pembuatannya sejak tahun lalu (Kelas 11 semester 2, siswa sudah belajar membuatnya). Saya pun merasakan hal yang sama bahwa membuat tulisan untuk pertama kali bukan hal yang mudah, butuh tuntunan yang konsisten dan latihan yang terus menerus untuk menghasilkan karya tulis apalagi mengacu pada prinsip-prinsip dasar skripsi. Oleh sbab itu, saya pun terus bergumul untuk mencari cara-cara efektif bagaimana mengajarkan siswa untuk melakukan penelitian sederhana, studi literatur, dan analisis data sederhana. Memang tidak mudah, tapi saya yakin Tuhan akan mampukan kami untuk membuat karya yang terbaik. Sebagian siswa sudah membuat dari bab1 dan 2. Target saya, karya tulis ini akan selesai di bulan Oktober, dimana di bulan November siswa akan lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi sidang karya tulis mereka di bulan Desember. M

MUDAH?

Tentu saja tidak, saya yakin akan mengalami pergumulan, tantangan, dan masalah yang akan membawa saya untuk semakin dewasa.

Tahun ini benar-benar waktu dimana saya akan dibawa untuk move to the next level sesuai dengan janjiNya dalam Yohanes 14:12

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku,

ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan,

bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;”

Saya yakin anda juga yang membaca blog ini sedang dibawa Tuhan untuk melakukan pekerjaan yang lebih besar mulai dari membaca tulisan ini!

Well it’s time to go BEYOND with Jesus this year!

 

2 Comments Add yours

  1. arip says:

    Hampir sama nih kaya rencana saya. Saya juga punya program mau bikin klub di kampus tentang perpaduan jurnalistik media, entrepreneurship, sama keperawatan.
    Sukses ekskulnya!

Leave a Reply

