Mengenal Komunitas Belajar Online @JktCourserians

MOOC merupakan singkatan dari Massive Open Online Courses  yang merupakan kelas online terbuka yang melibatkan ribuan siswa dari berbagai negara untuk belajar online dengan gratis.

Di tengah biaya pendidikan yang semakin tinggi, sempitnya waktu belajar, dan kemajuan teknologi yang menghubungkan berbagai negara, lahirnya Massive Open Online Course yang menawarkan pendidikan gratis dimana anda sendiri bisa mengatur waktu belajar dengan mendayagunakan berbagai kemajuan teknologi. Berikut adalah infographic perkembangan MOOC di dunia yang saya ambil dari https://s3.amazonaws.com/infographics/MOOCs-800.png

Salah satu Massive Open Online Courses yang akan dibahas di blog ini adalah Coursera. Saya memilih Coursera karena banyaknya pilihan course yang relevan, menarik, dan menantang saya untuk memperlengkapi wawasan saya dengan berbagai macam keahlian yang menanatang.

Image Source: http://www.slate.com/content/dam/slate/blogs/future_tense/2012/09/19/online_education_coursera_adds_17_universities_aims_to_take_over_world/1348064508404.png.CROP.rectangle3-large.png

Berikut adalah courses yang sudah saya ambil di Coursera:

1. Gamification : Course ini mengajarkan bagaimana elemen game dapat dimanfaaatkan utk memaksimalkan potensi dunia pendidikan dan dunia kerja. Dengan dosen yang ramah, interaktif, dan menyenangkan. Disini saya belajar banyak tentang strategi game dalam kehidupan sehari-hari. Tugasyang diberikan juga mudah dan menantang saya berpikir kreatif dan kritis. Mulai dari quiz multiple choice dan paper yang aplikatif, saya belajar pentingnya elemen game dalam kehidupan.

2. Introduction to Sustainability : Course ini sangat scientific. Dengan dosen yang memang pakar di bidangnya, saya belajar tentang ekosistem, energi, udara, kependudukan, air , dan berbagai isu geografi yang memperkaya saya dengan berbagai macam pengalaman akan pentingnya mencintai bumi kita. Nilai diambil dari quiz multiple choice dan paper peer assessment yang memiliki materi yang menantang kita berpikir kritis menjaga lingkungan.

3. Critical Thinking & Global Challenges: Course ini mengajarkan kita bagaimana langkah-langkah berpikir kritis. Mulai dari membedakan fakta dan opini hingga kita diminta menganalisis konferensi dan paper yang berasal dari  sumber yang kredibel, akurat, dan dapat diandalkan. Course ini singkat dan praktis. Dengan berbagai isu global seperti kependudukan dan perubahan iklim global, belajar berpikir kritis menjadi sangat menyenangkan dan membuka wawasan baru untuk meneliti sebuah isu dengan pemikiran kritis. Penilaian diambil dari quiz dan final test yang juga menjamin anda yang lulus dari Course ini akan berpikir kritis.

4. Introduction to Philosophy: Course ini mengajarkan berbagai macam filosofi yang ada di dunia dengan menggunakan pendekatan yang praktis. Hanya memang tidak semua filosofi dibahas mendalam, hanya disini kita dapat memahami berbagai filosifi menarik seperti kembali ke masa lalu menggunakan mesin waktu, berpikir skeptis, empiris, dan berbagai macam pemikiran yang akan menginspirasi anda untuk menjadi filosofer pemula. Tugas yang diberikan juga mudah dengan weekly quiz yang akan mempertajam pemahaman anda mengenai filosofi yang anda pelajari pada minggu tersebut.

5. Business Strategy: Course ini merupakan salah satu course materi MBA yang akan memperlengkapi anda dengan keahlian mengelola strategi bisnis yang tepat. Studi kasus yang diberikan sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran dapat lebih berarti bagi siapapun yang mempelajarinya. Dengan kuis mingguan serta final project berupa strtaegi bisnis, setelah lulus dari course ini akan memahami bagaimana membuat strategi bisnis yang tepat.

6. English Composition: Course ini adalah salah satu course yang memberikan tugas hanya dalam bentuk paper work dimana anda hanya diminta untuk membuat english composition mulai dari critical review, image interpretation dan case study. Dengan dosen yang sangat telaten, kita belajar step by step menulis sebuah karangan dalam bahasa Inggris yang menarik. Dengan masukan dari berbagai macam teman dalam tulisan kita, course ini akan memperlengkapi kita dengan keahlian menulis dalam bahasa Inggris yang semakin baik.

7. Leading Innovation: Course ini adalah course paling keren yang saya temukan di Coursera. Alasannya pengajaran dosennya melibatkan berbagai macam kasus relevan dan animasi yang tidak membosankan, selain itu course ini menyediakan tantangan mempraktekkan langsung apa yang disebut sebagai inovasi. Dengan tugas mingguan berupa weekly quiz, survey, refleksi, dan project kelompok, kita akan belajar berbagai macam tantangan dalam menciptakan inovasi dan bagaimana kita bisa mengatasi tantangan tersebut secara konkret. Meski tugasnya paling banyak dan beraneka ragam saya pribadi mendapatkan manfaat yang tak terhingga dalam course ini.

@JktCourserians

Berawal dari project kelompok inilah, saya dapat berkenalan dengan berbagai macam teman yang mengikuti Course yang sama dan mempraktekkan inovasi membuat komunitas belajar online @JktCourserians. Sekitar 2 minggu sekali, kami mengadakan meet-up yang diadakan di at amerika, Pasific Place, untuk membentuk  komunitas belajar online Coursera pertama di Jakarta. Dalam Meet Up saya berkenalan dengan berbagai macam rekan dari ibu rumah tangga, mahasiswa, professionals dan berbagai kalangan yang memiliki semangat belajar tinggi di Coursera. Disini kami bertukar pengalaman tentang pengalaman seru kami mengikuti courses online di Coursera.

cousera

@JktCourserian Meet Up

Dengan berbagi pengalaman dan wawasan di @JktCourserians, kami pun ingin menjadikan komunitas ini berkontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia. Oleh sebab itu, bersama @JktCourserians , kami terus menyempurnakan tujuan, strategi, dan langkah-langkah mempromosikan Coursera sebagai salah satu pendidikan alternatif yang dapat diakses mulai dari warga Jakarta untuk menjadi komunitas belajar seumur hidup. Di @JktCourserians, kami pun terus berpikir bagaimana Coursera dapat menjangkau kaum siswa, mahasiswa, professional, dan ibu rumah tangga yang mau belajar online. Selain itu, komunitas @JktCourserians ini diharapkan dapat menjadi tempat dimana siswa @Coursera dapat bertukar pengalaman, ide, dan berbagai wawasan sesuai dengan bidang course yang mereka ikuti. Mimpi jangka panjang kami adalah dapat menjalin relasi dengan berbagai universitas di Indonesia untuk menciptakan Coursera khusus bagi universitas di Indonesia. Setelah MeetUp, bukan berarti komunitas kami bubar, kami pun terus dapat mengupdate satu dengan yang lain dengan menggunakan berbagai sarana sosial media, mulai dari grup Facebook, twitter, email yang membuat kami terhubung satu dengan yang lain.

Mulai dari Jakarta, kami berharap dapat menyebarkan semangat belajar online ini ke seluruh Indonesia.

Mau tahu lebih dalam tentang kami? Follow dan mention twitter kami d @JktCourserians ! Enjoy the limitless learning experience with us!

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. yucoly says:

    Bagaimana caranya join di kelas ini?

    1. Anda tinggal membuka http://www.coursera.org lalu memilih courses yg ads di dalamnya

    2. Anda bisa buka di http://www.coursera.org dan ikuti langkah pendaftaran kelas ini. Lalu anda juga bisa follow komunitas coursera Indonesia @IDCourserians

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s