10 Manfaat ‘Ajaib’ Menulis

(Sumber Gambar: wisegeek.com)

Selama beberapa bulan memulai hobi saya yang baru yaitu menulis, saya mendapatkan manfaat yang tiada terbatas dari menulis. Sudah 1 bulan ini, saya secara konsisten menulis dengan progress dari 1 artikel 1 minggu hingga 1 artikel 1 hari. Bukan hal yang mudah. Banyak tantangan dan kesulitan yang saya hadapi dalam menulis.  Namun, setelah 1 bulan ini, saya merasakan begitu banyak manfaat yang ‘ajaib’ menulis yang mengubahkan kehidupan saya.

1.  Menjadi orang yang kreatif

Indikator berpikir kreatif  seperti yang dikemukan Munandar, adalah kelancaran menghasilkan ide, fleksibilitas dari berbagai perspektif, orisinalitas, dan elaborasi yang detil. Say rasa keempat indikator itu semua saya alami selama menulis. Mulai dari ide-ide yang dicetuskan, analisis dari pandangan yang berbeda, ekspresi identitasi, pendapat, dan hidup saya yang didukung dengan contoh-contoh yang mendetil dan jelas.

2. Melatih Kemampuan Berpikir Reflektif

Menulis itu membutuhkan konsentrasi bepikir yang membutuhkan kita fokus dan merefleksikan  setiap kata yang kita tulis. Seaat menulis, tanpa sadar kita melatih diri kita untuk mengajukan pertanyaan ini setiap detik : Apakah kata-kata , struktur, dan makna tulisan ini?

3.  Merekam jejak sejarah, pengalaman,  ide dan pemikiran kita

Menulis mengabadikan setiap sejarah pengalaman, ide dan pemikiran kita menjadi sebuah catatan sejarah di dunia maya yang memudahkan kita untuk flashback  apa saja yang sudah kita pikirkan selama ini. Jika kita meninggalkan dunia ini, tulisan kita tidak pernah meninggalkan dunia ini pada akhirnya. So, kita sedang meninggalkan warisan yang dapat dikenang sepanjang masa.

4. Menabur benih ajaib

Mengapa disebut benih ajaib? karena kita tidak akan tahu seberapa besar pengaruh tulisan kita kepada orang yang membacanya terutama jika kita publikasikan di dunia media sosial dimana semua orang berkesempatan membacanya. Kita tidak tahu inspirasi apa yang didapatkan orang melalui tulisan kita dan dampak tulisan kita terhadap pandangan dan kehidupan pembaca tulisan kita. Seperti penabur, kita hanya dapat membagikan inspirasi yang terus bertumbuh di dalam dunia maya

5. Memperluas jaringan

Menulis membuat saya banyak mengenal banyak penulis, blogger, bahkan guru-guru yang bukan saja tersebar di Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Saya dapat mengenal mereka melalui like, komentar, bahkan pesan yang mereka kirimkan mengenai tulisan saya. Say apun dapat belajar dari tulisan mereka yang beranekaragam yang menginspirasi say a untuk tetap menulis.

6. Mengecap rasa terabaikan dan tertolak

Ketika kita menulis, tugas kita hanyalah berbagi dan berbagi dan berbagi. Diisinilah saya belajar bahwa bagaimana tulisan saya diabaikan bahkan ditolak dengan kritik pedas dari orang banyak. Disini saya belajar dari pengalaman pahit yang membuat saya tidak gampang menyerah melewati kegagalan. Meskipun banyak tulisan saya yang diabaikan atau bahkan belum pernah tersentuh orang lain, saya belajar semangat untuk tidak pernah menyerah berbagi dengan apapun respon dari pembaca.

7. Melatih saya  membangun mimpi

Menulis menjadi kesempatan dimana saya bisa mengekspresikan diri saya sebernarnya melalui angan-angan, mimpi, dan juga harapan akan kehidupan lebih baik.  Melalui masalah-masalah yang saya bahas dan juga ide-ide yang saya ajukan , disinilah saya menemukan minat saya terhadap hal-hal yang relevan yang ingin saya teliti.

8. Mengisi waktu luang dengan efektif

Menulis menjadi momen favorit saya mengisi waktu luang yang saya miliki di kantor, rumah, bahkan ketika sedang menunggu atau bahkan mengendarai kendaraan bermotor. Seringkali kita memiliki ‘waktu luang’ yang memberikan beragam pikiran kita untuk menjelajah. Sayangnya, banyak sekali waktu yang kita habiskan untuk pikiran-pikiran sia-sia, kotor, atau bahkan aktivitas yang tidak benar-benar bermanfaat bagi kita. Dengan menulis, saya merasa tidak ada waktu yang terbuang dari setiap detik say a habiskan menulis. Ibarat olahraga, setiap waktu yang saya habiskan menuliskan benar-benar bermanfaat membakar semangat saya.

9.  Memacu saya terus update mendengar, membaca, menonton, dan berbicara

Dalam menciptakan sebuah tulisan, sangatlah sukar jika seseorang tidak update terhadap topik yang sedang hot melalui bacaan, tontonan, bahkan pembicaraan. Dengan menulis, saya jadi terangsang untuk selalu mengisi waktu untuk menyerap informasi terbaru dan juga bermakna bagi kehidupan saya. Ibarat seperti bensin bagi kendaraan bermotor, dengan mengupdate informasi, saya memiliki ‘bekal’ menulis dan menciptakan karya yang relevan dan bermakna.

10.  Membuat tangan saya gatal untuk berkarya

Menulis selama konsisten membuat tangan saya setiap hari gatal untuk mengetikan sesuatu setiap saat. Say amenjadi orang yang tidak sabar untuk memiliki waktu duduk di depan komputer meluangkan waktu saya menciptakan karya-karya orisinil ciptaan saya. Rasanya jika tidak menulis, ada sesuatu yang hilang dari hari itu. Bisa dibilang saya kecanduan menulis

Ini hanyalah manfaat yang baru saja saya rasakan dari menulis secara konsisten selama 1 bulan. Saya sangat semangat menanti manfaaat-manfaat ‘ajaib’ lain yang akan saya dapat kan dengan menulis di bulan-bulan ke depan.  Menulis  menjadi salah satu momen yang mengubahkan kehidupan saya. Pastinya, saya sebelum menulis sudah berbeda jauh dengan saya sekarang yang suka menulis. Mengawali long weekend ini pun menyimpan sejuta kesempatan bagi anda untuk merasakan apa yang saya rasakan melalui menulis.   Saya pun mengajak anda  mencoba menulis dan anda pun dapat berbagi manfaat-manfaat ‘ajaib’ menulis yang anda peroleh baik  1 hari, 1 minggu, 1 bulan, bahkan 1 tahun!  Selamat berbagi!

Leave a Reply

