Inspirasi Lingkungan dari Media Sosial

Dalam pembelajaran lingkungan, saya meminta siswa mengeksplorasi masalah dan solusi kreatif lingkungan yang dilakukan negara-negara di seluruh dunia tentang topik lingkungan. Siswa dapat mencari berita/gambar/video tentang gerakan lingkungan yang ada di seluruh dunia yang dapat menjadi inspirasi lingkungan. Kemudian, mereka akan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap siswa harus mencari informasi unik, kreatif, menarik, dan up2date berkaitan dengan lingkungan.
Disini saya menantang siswa mencari informasi tersebut menggunakan YouTube, Pinterest, Google+, WordPress, dan juga Twitter untuk mencari informasi Go Green sesuai dengan topik yang saya beri.
Grup1=Litosfer, Grup2=Atmosfer, Grup3=Hidrosfer, Grup4=Biosfer, Grup5=Sumber Daya Alam. Siswa diminta mencari isu lingkungan dan juga kegerakan lingkungan di bidang litosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer, dan Sumber Daya Alam.

Informasi itu fleksibel. Tidak terlalu terikat harus artikel berupa tulisan, bisa saja google+ berupa video/gambar, wordpress juga dengan video menarik. So, sebagai contoh, saya memberikan berbagai inspirasi melalui media sosial yang bisa mereka follow untuk mendapatkan artikel, foto, video dan berbagai inspirasi tentang lingkungan seperti di twiter ini:

Picture1

Selain twitter, saya juga membagikan video-video di youtube tentang kegerakan lingkungan yang dilakukan oleh negara Singapore dengan membuat Eco Music Challenge. Semangat melestarikan lingkungan di negara ini memang seperti sudah mendarah daging sampai-sampai negara ini menciptakan kompetisi menciptakan musik Go Green yang sangat kreatif. Saya juga suka dengan visi misi mereka yang menjadikan Singapore as Their home yang nyaman dan aman ditinggali. Indonesia perlu masih terus belajar mengembangkan kegerakan lingkungan dari negara ini. Saya optimis suatu saat pasti Indonesia bisa juga membuat hal-hal yang lebih keren dari video-video ini. Silahkan cek videonya lansgung disini!

Clean & Green Singapore 2012 Launch Video

Clean & Green Singapore Theme Song 2013
(The Winner of Eco Music Challenge 2012 Singapore)

Home (Singapore)

Neo Eco Music Challenge

John Hardy: My green school dream

Tidak kalah dari Singapore, Indonesia juga punya kebanggaan tersendiri dalam melestarikan lingkungannya. Salah satunya adalah Green School, Bali. Meskipun para pencetusnya bukan dari pemerintah Indonesia sendiri, melainkan turis asing, saya tetap bangga denagn semangat mereka yang ingin menciptakan Greenest School on earth yang ada di Bali. Silahkan simak foto rekamanan jejak Hijau dari para founder Green School Bali.

Greenest School on Earth: Green School Bali

We are the world

Minggu depan akan lebih banyak lagi bertaburan media sosial yang akan menginspirasi  untuk semakin menjaga lingkungan..So keep updating!

 

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Reblogged this on Halim Priyatna Blog's and commented:
    Good Inspiration for trying at home!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s