Belajar Hidup dari Siklus Batuan

Batu Apung

Batu Kapur

Batu Heart of The OCean Diamond

Dalam materi pembelajaran geografi, saya sedang menjelaskan materi tentang siklus batuan dimana batuan mengalami siklus yang mulai dari magma menjadi batuan beku (cth. batu apung) yang harus ditempa dengan angin, air, dan berbagai fenomena cuaca yang menggerusnya menjadi batuan sedimen (cth. batu kapur). Namun, perjalanan belum selesai, batu yang tergerus ini pun harus ditempa lagi oleh panas dan tekanan yang berubah lagi menjadi batuan metamorf yang memiliki nilai tinggi (contoh batu permata). Darisini secara tidak sadar, kita belajar dari kisah perjalanan “hidup” batuan. Ketika batuan itu memiliki pengalaman yang terbatas dimana ia hanya fresh berubah dari magma menjadi batuan beku, ia memiliki nilai yang sangat murah. Contoh mudahnya adalah batu apung. Batu apung dengan sangat mudah dan murah dapat ditemukan dimana saja. Manfaatnya pun sangat terbatas hanya berguna sebagai batu pencuci piring. Sedangkan ketika batuan beku mengalami sedimentasi, ia akan berubah menjadi batuan sedimen yang memiliki nilai yang lebih misalnya saja batu kapur yang digunakan untuk semen. Seperti yang kita ketahui semen memiliki manfaat yang sangat berguna menjadi fondasi suatu bangunan. Namun, jika batuan sedimen itu terkena panas dan tekanan lagi, nilainya pun akan semakin tinggi dimana ia menjadi batu pualam yang digunakan sebagai marmer dan juga batu permata. Tentu saja nilai batu permata sangat jauh lebih tinggi dibandingkan batuan sedimen dan batuan beku yang tadi sudah disebutkan. Namun kalau kita telaah lebih lanjut, batu permata ini harus mengalami tempaan yang luar biasa dalam perjalanan hidupnya. Panas, tekanan, sedimentasi dan berbagai hal dilaluinya untuk keluar menjadi batuan yang memiliki nilai dan manfaat yang sangat tinggi.

Sebagai manusia, kita perlu belajar dari kisah perjalanan hidup batuan ini. Batu apa yang kita pilih? apa kita hanya mau menjadi batu apung yang hanya memiliki tempaan yang sangat sedikit? Atau kita mau menerima angin, badai, hujan yang memproses kita menjadi batu kapur? atau kita masih mau menerima tekanan dan panas yang datang dari lingkungan sekitar yang menggerus kita menjadi batu permata. Jika batu saja memiliki kisah perjalanan hidup yang dipenuhi tantangan yang mengubahnya menjadi hal yang berharga dan bernilai tinggi, bagaimana dengan manusia? Pada umumnya, batu permata menjadi pemberian yang ‘mahal’ bagi wanita, nah disinilah justru pria bisa mengatakan bahwa “biarlah tekanan dan panas seperti apapun yang kuhadapi, cintaku seperti batu permata yang tidak pernah berubah dan terus berjuang bersamamu”

Percayalah semakin banyak tantangan, tekanan, dan panas yang menerpa hidupmu, jika kita mau sungguh-sungguh melewati semuanya dengan hati dan semangat yang maksimal untuk terus belajar,saya yakin kita akan keluar menjadi batu permata yang memiliki nilai tinggi.

Jangan biarkan hidupmu tinggal menjadi batu apung yang sangat terbatas. Jadikan dirimu batu permata yang bernilai tinggi! Silahkan bagikan inspirasi ini kepada siswa-siswa anda…

Steven
@StevenSutantro
edutechpost.wordpress.com

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. srinawati says:

    batuan juga sangat penting untuk mempelajari kehidupan pd saat itu..baik segi kebudayaan, yg penting lagi bagaimana massyarkat pd era itu..utk arkeolog dan anthropolog batu, material culture (matri kebudayaan) tidak saja benda mati ttp jugs menjelaskan masa dan kediupan org pd zaman itu..

  2. srinawati says:

    khususnya ‘burial’,,,banyak menjelaskan bukan saja kondisi batu itu, apa yg ada di sekitar lingkungan..’burial’ site sangat penting utk arkeolog dan anthropolog krn area itu menyimpan kekayaan ‘jalan hidup’ mansuisa dan lingkungan..
    batu juga menjelasakan ‘evolusi’ alam dan lingkungan..dan sekitarnya..’…dari sinilah kita para ilmuwaan mempelajari ‘proses evolusi’

    1. Wow ii..Thank you so much! I am impressed how u relate the rocks with archeology! I think you should make ONE cool post about that ROCKS & ARCHEOLOGY…come on join me become blogger ii…definitely u’ll be cool blogger!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s