3 Ide Kreatif Mengawali Semester 2

Oleh: @StevenSutantro

edutechpost.wordpress.com

 

Mengawali semester baru menjadi salah satu momen penting bagi siswa dan guru untuk dapat merefleksikan kembali pembelajaran selama 1 semester selama di sekolah. Mengingat semester 2 ini adalah semester penting dimana bagi siswa yang akan naik kelas, mengikuti Ujian Nasional, Ujian Sekolah, mendaftar sekolah/universitas baru,  disinilah saya akan membagikan  3 ide kreatif guru dan siswa mengawali semester 2:

Pertama, guru dan siswa dapat membagikan refleksi pembelajaran semester 1 yang berisi tentang momen terbaik, menyebalkan, melelahkan, dan berbagai kelebihan dan kekurangan yang terjadi selama semester 1. Bersama-sama, kita dapat membagikan alasan yang melatarbelakangi baik kelebihan dan kekurangan yang terjadi di semester 1. Disini tidak ada saling menyalahkan, menghakimi, tetapi siswa belajar terbuka dengan kelas dan gurunya yang mengawali terjadinya pemulihan yang lebih baik lagi di semester 2 .

Kedua, guru dan siswa sama-sama menantang diri untuk membuat suatu perubahan positif yang lebih baik di semester 2 tahun 2013 ini. Guru pun dapat menantang siswa merumuskan bersama resolusi 2013 untuk kelas secara bersama-sama. Guru dapat menanyakan pembelajaran seperti:

-Apa yang kalian harapkan di kelas ini?

-Apa yang ingin kalian pelajari melalui kelas ini?

-Bentu tugas seperti apa yang ingin kalian kerjakan agar bisa lebih maksimal di kelas ini?

-Proyek apa yang kalian coba selama kelas ini?

-Bagaimana suasana kelas yang kalian harapkan?

Kita pun dapat memberikan contoh nyata resolusi yang kita buat sebelumnya untuk memberikan gambaran terhadap siswa kita. Tentu saja, kita pun harus jelas menyampaikan mungkin tidak semua ide dapat direalisasikan secara langsung, tetapi tentu saja kita pun menghargai keterlibatan siswa dalam memberikan masukan terhadap kelas yang lebih baik. Kita pun dapat bersama-sama brainstorming untuk mencari solusi bagaimana mewujudkan ide-ide tersebut di tengah kondisi yang sulit ataupun tidak sesuai dengan lingkungan sekolah kita.

Lebih kreatif lagi, guru dan siswa dapat bersama-sama menuliskan di atas kertas manila dengan spidol. Lalu, guru dapat membuat tweets misalnya #2013Geo10s1 yang berisi harapan-harapan siswa dan guru secara bersama-sama di tahun 2013. Jadi guru dapat langsung membuat tweets pada saat siswa memberikan masukan yang membangun agar kelas di tahun 2013 menjadi lebih seru, menyenangkan, dan juga menantang. Untuk membuat simpel, guru dapat menyediakan berbagai kosa kata sifat positif yang sudah saya cantumkan di gambar-gambar ini yang akan menjad harapan di tahun 2013. Misalnya saja,

5adbbaf36b8ba15e24c00d504e6c233c 09-01-04adjectiveswordlelarge 165929567490571283_I7UzG7Ax_c cm new years resolutions POSITIVE_ADJ_ENG positiveadjectives

#2013Geo10s1 Creative-Engaging-Fun-Interesting-Diligent

atau juga bisa diwujudkan dengan kalimat singkat yang memorable!

#2013Geo12s1, LulusUN2013 1 kelas dengan Nilai Terbaik

Saya yakin akan banyak tweets berisi harapan-harapan guru bersama murid yang mungkin terlihat sederhana, tetapi jangan remehkan harapan-harapan positif ini di kelas kita. Dengan langkah awal yang positif, kita pun dapat dengan berani memulai segala sesuau lebih positif lagi. Kegiatan pembuatan resolusi ini pun dapat kita tutup di dalam doa untuk sama-sama menguatkan komitmen menjalankan resolusi secara bersama-sama.

Eit, setelah itu belum selesai!

Ketiga, Ingatkan siswa akan komitmennya!  Hal ini dapat dilakukan dengan menulisnya di papan tulis kita dengan spidol permanen atau menempelkan poster resolusi itu di depan kelas sepanjang semester 2 sehingga kapan saja kita pun dapat mengingatkan siswa. Kalau di dunia maya, jadikan tweets #2013Resolusi menjadi tweets favorit yang dapat kita cek.  Ajak siswa anda melakukan retweets atau favorit juga agar komitmen ini pun melekat pada mereka. Lalu, kita pun dapat mengingatkan ekspektasi positif ini setiap saat selama pembelajaran 1 semester ini. Misalnya saja, “Hayo, resolusi kita kan tahun ini bakal lebih rajin dan kompak, ayo buktikan dong. Nih masih ada di poster/papan tulis/favorit tweets.” Pada saat semester berakhir, kita pun dapat mengevaluasi apakah resolusi ini sudah tergenapi semua selama 1 semester atau malah masih banyak kekurangannya. Ingat resolusi ini bukan hanya sekedar kata-kata pembuka, tetapi kata-kata iman yang akan kita sama-sama lakukan  sepanjang semester ke 2.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang lebih baik di semester 2, So, mari awali semester 2 ini bersama-sama dengan 1 resolusi berupa ekspektasi yang positif bersama kelas kita!
Ini ide kreatif saya mengawali semester 2, silahkan berbagi ide kreatif anda mengawali hari di semester 2 dengan memberikan komentar di bawah ini…terima kasih!

Advertisements

6 Comments Add yours

  1. arip says:

    Ketimbang resolusi tahunan, resolusi semester emang belum populer di Indonesia. Padahal dengan resolusi semester kita bisa lebih fokus soalnya rentang waktunya pendek.

    Semester 3 udah tinggal seminggu lagi, tapi banyak resolusi saya yg ga tercapai nampaknya. :mrgreen:

    1. Yup…the key is never ever give up! Thanks for your comment! keep up d good work…

  2. Said Rahman says:

    mantaff pak…
    akan saya coba di kelas besok;-)

  3. Said Rahman says:

    mantaff… pak
    Saya akan coba di kelas besok

  4. Tsahid says:

    Reblogged this on MTs. Attauhid Babelan and commented:
    3 Langkah Kreatif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s