Film-Film Hollywood Ala Geografi

Kemarin saya baru aja ngebahas fotografi dalam dunia geografi (see educational research categories), disini saya akan ngebahas film-film apa aja yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran geografi di kelas.

1. Ice Age 4 Continental Drift

Film ini merupakan seri keempat dari serial Ice Age yang mengemas salah satu teori pembentukan muka bumi yaitu teori pergerakan benua dan lempeng tektonik dengan sangat menarik. Dimulai dengan kesalahan Scratch (Tupai purba yang tergila-gila dengan kenari) masuk ke dalam inti bumi yang paling dalam dan mengegerkan inti bumi yang memacu pergerakan benua di muka bumi yang tadinya hanya satu (pangaea) menjadi benua-benua yang ada  sekarang ini. Selain itu, film ini pun menggambarkan lebih dari sekedar teori tetapi dampak dari pergerakan lempeng tektonik pada zaman es tersebut. Bisa terbayang bagaimana rasanya jika kita ada di zaman itu dan lapisan tanah terbelah dan diikuti badai. Lebih dari itu, film ini pun juga menyiratkan begitu banyak nilai-nilai persahabatan,  kasih, kekeluargaan, kesetian diantara keluarga Mamoth yang begitu mengharukan. Saya sendiri menilai Ice Age 4 adalah seri Ice Age “Terbaik” di antara semua serial Ice Age yang lain karena selain menggambarkan teori geografi, humor dan nilai-nilai yang ditampilkan di film ini sangat menghibur dari anak-anak sampai dewasa. Highly Recommended Movie!

2.  Madagaskar 3

Madagaskar merupakan film yang menggambarkan petualangan fauna khas Afrika yang sangat menghibur dan menyenangkan. Hampir di setiap film, kita dibawa  untuk mengenal “kegilaan” hewan-hewan ini yang membuat kita mengenal lebih jauh fauna khas Afrika. Singa, Zabra, Kudanil, dan berbagai jenis hewan khas Afrika membuat kita tidak akan melupakan maskot kebanggaan hewan Afrika. Hanya di Madagaskar 3 ini selain kita dapat mengenal berbagai jenis fauna khas Afrika, kita juga dapat mengenal hewan khas negara-negara Eropa yang ternyata memiliki ciri khas tersendiri. Selain belajar mengenal fauna dengan kehebohan mereka, kita juga dapat menikmati cerita-cerita mengharukan dari setiap hewan.

3. Harry Potter and the Deathly Hallows part 1

Diantara film-film terbaik Harry Potter, saya sangat salut dengan gambar-gambar yang ditampilkan dalam Harry Potter and the Deathly Hallows part 1. Pada seri ini, Harry dan timnya benar-benar berada dalam kondisi mencekam dimana “NOWHERE IS SAFE”. Voldemort mulai menguasai dan mengejar Harry Potter dan teman-temannya. Dalam pelariannya, Harry Potter masuk menjelajahi hutan khas Eropa yang begitu indah. Selain keindahan bioma khas Eropa, kita juga diajak masuk dalam ketegangan yang begitu mencekam dalam persembunyian Harry Potter dan teman-temannya. Dalam pembelajaran Geografi,kita dapat mengambil adegan-adegan.

4. Kungfu Panda

Film animasi yang memiliki setting negeri Tiongkok ini menampilkan maskot fauna khas China yang tak akan terlupakan. Po, Panda yang konyol namun berhati mulia ini memulai perjalanan kungfunya dengan satu impian untuk menjadi pahlawan bagi kotanya. Mengalahkan Tiger yang menjadi musuh terkuatnya telah mengujinya layak untuk bergabung bersama kungfu master yang juga merupakan fauna-fauna unik khas China seperti kera, jangkrik, ular, bangau, dan juga harimau. Pada sekuelnya, musuhnya pun juga merupakan fauna yang terkenal merupakan khas Oriental yaitu Peacock. Selain memiliki humor yang begitu lucu, film ini juga menawarkan nilai moral yang begitu mendalam yang mengambil banyak filsafat timur yang dapat menginspirasi anda. Dalam pembelajaran geografi, film ini dapat digunakan dalam mengungkap fauna-fauna Biosfer Oriental dengan menarik dan mengesankan siswa.

5 The Dark Knight Rises

Film arahan sutrada Christian Bale ini sering saya gunakan dalam menjelaskan materi kelas 12 seperti Peta, Penginderaan jauh dan SIG karena saya yakin dalam pembuatan film canggih dan kolosal ini dibutuhkan begitu banyak teknik geografis dalam merancang setiap adegan film ini. Misalnya saja ketika Bane, musuh Batman menguasai seluruh kota Gotham dan mengerahkan seluruh pasukannya untuk bertempur. Ketegangan dimana Batman dan teman-temannya harus mengendap-ngendap menyusun strategi dam menyerang beberapa titik di dalam kota untuk membangun kembali puing kota Gotham membutuhkan teknik pemetaan dan sistem informasi geografis kota tersebut. Jujur saya penasaran bagaimana setiap kru dalam film ini dapat mengelola kemampuan spasial mereka dalam merancang setiap adegan. Kekuatan karakter setiap aktor dan aktris tampak sungguh mempesona. Sungguh mahakarya yang begitu intelejen! Selain itu, kecanggihan teknologi berupa senjata dan kendaraan Batman juga tidak dapat diragukan lagi. Terlebih, nilai-nilai moral mendalam yang menggambarkan kebangkitan, perjuangan, dan pengorbanan patut mendapatkan nilai sempurna. Film ini begitu apik dalam menginspirasi penonton bahwa film superhero bukan sekedar berbicara tentang perkelahian semata, tetapi menyimpan makna filosofis tentang pemikiran dan perasaan manusia yang begitu mendalam. Saya harus akui ini menjadi film favorit saya di tahun 2012 ini

6. Source Code

Film ini thriller ini adalah salah satu film yang unik yang dapat digunakan untuk mempelajari kode-kode dalam Sistem Informasi Geografis. Film ini menceritakan bagaimana source code yang merupakan kode-kode komputer yang diwujudmyatakan menjadi real world dalam dunia seorang pria yang merupakan korban perang. Ia ditugaskan untuk menggunakan kode-kode komputer kembali ke masa ketika sebuah bom akan diledakkan di kereta api dengan menjadi salah seorang penumpang kereta api. Tugasnya memang hanya satu mencari lokasi bom tersebut. Sayangnya, ia selalu kehabisan waktu (karena source code nya memiliki limit waktu sampai sebelum bom meledak) untuk mencari bom tersebut. Namun, ia tidak menyerah dan berusaha mencari lokasi bom yang ada. Dalam perjalanannya, film ini menceritakan lebih dari sekedar pencarian bom, tetapi pencarian makna hidup dan cinta yang terjadi dalam pertemuan pria tersebut dengan penumpang wanita yang lain. Jalan cerita yang disajikan luar biasa menegangkan dan mendalam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s