ECOUTURE 2012 SAAT KREATIVITAS PEMUDA BERTEMU LINGKUNGAN

This slideshow requires JavaScript.

 Steven Sutantro

@StevenSutantro

steven.sutantro@gmail.com

Artikel Ecouture 2012 at MindTalk

            Minggu, 13 Mei 2012, pukul 11.00 telah menjadi salah satu hari bersejarah dalam gerakan pemuda Indonesia. Sambutan meriah dari panitia yang energik dan alunan melodi musik serta sorak-sorai anak muda menjadi pintu gerbang sebuah kegerakan bernama ‘Ecouture’ yang artinya Eco Way for Future, sebuah acara kreativitas pemuda dengan tema lingkunganyang diselenggarakan oleh KOPHI dan Young on Top.

Berbeda dari acara seminar lingkungan biasa dimana peserta hanya mendengarkan pembicara, kali ini Ecouture menantang para pemuda menunjukkan aksi nyata dengan ‘mempertemukan’ kreativitas mereka dengan lingkungan.  Paradigma isu lingkungan yang selama ini dianggap membosankan berhasil diubahkan dalam acara ini. Hal ini nampak dari berbagai stand berbagai komunitas pemuda yang menawarkan program-program kreatif dalam melestarikan lingkungan. Misalnya, stand Kemangteer yang menantang pemuda untuk berpikir kreatif melalui kegiatan outdoor untuk menanam mangrove. Ada juga organisasi KOPHI yang memacu semangat pemuda untuk melakukan kegiatan bersama untuk lingkungan. Selain itu, banyak juga aksesoris menarik yang bertuliskan pesan lingkungan seperti dompet, tas, bahkan baju. Salah satu hal kreatif lain adalah stand situs jejaring sosial buatan Indonesia yang bernama “MindTalk” yang memacu anak muda memberikan kesempatan diskusi dan berbagi inspirasi dan kreativitas. Uniknya, acara ini juga menyediakan Starbucks gratis untuk siapapun yang membawa botol minum masing-masing. Namun ide kreatif ini tidak berhenti sampai disini.  Tarian flashmob yang diiringi musik yang meriah juga melahirkan sorak sorai para pemuda yang menari sambil membawa tumbler mereka masing-masing untuk mempromosikan penggunaan “One Man, One Tumbler”. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan yang akan selalu mengingatkan orang untuk memakai tumbler.

Setelah gegap gempita flashmob, acara dilanjutkan dengan  talkshow yang bertopik Green Heroes” dengan moderator Saskia Raishaputri Mustdjab (KOPHI). Melalui talkshow ini, pemuda disadarkan untuk membangun Indonesia yang lebih hijau yang melalui perubahan pikiran, perkataan, tindakan, bahkan karakter yang membentuk masa depan yang lebih hijau. Salah satu pembicara dalam talkshow, Bapak Ridwan kamil (Arsitek Green Concept building), mendidik pemuda untuk tidak sekedar menjadi orang sukses dalam profesinya, tetapi juga sukses bagi lingkungan. Beliau juga menunjukkan contoh langsung karya arsitektur Epicentrum yang melestarikan lingkungan.  Pengalaman nyata dari mbak Nadine Zamira (Miss Indonesia Earth 2009, Environmentalist & Green Business Entrepreneur) dan Ibu Rika Navis (Social and Environmental Values Manager The Body Shop Indonesia) juga memberikan tips-tips sederhana yang dapat dilakukan pemuda untuk melestarikan lingkungan. Melalui pertanyaan dan pengalaman kreatif yang dibagikan peserta maupun pembicara dalam talkshow, pemuda diajak untuk melihat masalah, solusi serta kesempatan  kreatif untuk melestarikan lingkungan.

Acara pun dilanjutkan dengan Stand Up Comedy yang mengocok perut penonton dengan humor kreatif. Kemudian, ada juga kuis yang menantang generasi muda untuk mengambil kesimpulan dari apa yang mereka pelajari dalam acara ini. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan talkshow dengan tema berbeda yaitu “Plant Tree, Plan Life” dengan pembicara inspiratif di bidangnya yaitu Gracia Paramitha dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Bayu Wardhana dari Green Map Jakarta, dengan moderator Anindhita Indira (HiLo Green Ambassador 2011). Ada juga Theatrical Campaign dan penampilan band yang memeriahkan panggung Ecouture yang ditutup dengan komitmen pemuda untuk melestarikan lingkungan dimanapun mereka berada.

Secara keseluruhan, Ecouture telah menginspirasi setiap peserta yang hadir  untuk merefleksikan keunikan dari diri dan komunitas mereka untuk melestarikan lingkungan dengan cara yang kreatif. Kegerakan ini tentu saja tidak berhenti sampai disini, tetapi Ecouture juga akan terus mengumpulkan, mengintegrasikan, dan menyebarkan semangat ‘kreatif hijau’ ini dengan mengunjungi sekolah dan kampus untuk memperlebar ruang dimana kreativitas pemuda bertemu dengan lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s